Berita Pemkab Kutai Timur

Disdikbud Fasilitasi Siswa Agar Tak Putus Sekolah

"Hasilnya, di beberapa tempat, dari informasi masyarakat via SMS atau telepon, masih banyak yang belum mendapatkan sekolah," katanya.

Disdikbud Fasilitasi Siswa Agar Tak Putus Sekolah
HO_HUMAS SETKAB KUTIM
Saat ini masih ada beberapa sekolah negeri yang jumlah murid barunya kurang. Untuk itu, Disdikbud memfasilitasi calon siswa untuk bisa mendapatkan sekolah. Tampak hari kedua pendaftaran siswa baru di SMAN 1 Sangatta Utara, belum lama ini. 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Sesuai laporan dari masyarakat, baik melalui telepon maupun short message service (SMS), pada fase penerimaan siswa baru (PSB) tahun ajaran 2015/2016 ini, masih ada calon siswa yang belum mendapatkan sekolah.

Menanggapi permasalahan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim, Iman Hidayat, mencoba memfasilitasi para orangtua calon siswa baru untuk mendapatkan sekolah.

“Penerimaan siswa baru tahun ini umumnya berjalan baik. Kami (Disdikbud) telah melakukan pantauan ke sekolah-sekolah. Hasilnya, di beberapa tempat, dari informasi masyarakat via SMS atau telepon, masih banyak yang belum mendapatkan sekolah".

"Di satu sisi, ada beberapa sekolah yang masih ada daya tampungnya,” kata Iman kemarin. Terkait hal itu, Iman menyarankan kepada para orang tua calon siswa agar segera berkoordinasi dengan pihaknya.

Intinya, Disdikbub menyediakan informasi dan memfasilitasi calon siswa untuk mendapatkan sekolah negeri yang masih bisa menampung dikarenakan jumlah murid barunya kurang, sesuai kuota jumlah rombongan belajar (rombel).

Iman mengatakan daya tampung kelas untuk tingkat SMA dan SMK umumnya sudah sesuai standar rombel. Namun masih ada kesempatan bagi calon siswa tingkat sekolah SD dan SMP.

Karena beberapa sekolah di Sangatta Utara masih kekurangan murid. Sekolah dimaksud yakni di SD 006 masih tersisa untuk 10 orang, 20 kursi di SD 010. Sementara di SMP 2 masih menyisakan kursi untuk 4 calon siswa baru dan SMP 4 sebanyak 32 orang.

Untuk mendapatkan kesempatan masuk disalah satu sekolah dimaksud, calon siswa didampingi orangtuanya bisa langsung datang ke Disdikbud. Bisa juga menghubungi Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar, Soesilo, di nomor telpon 081347172541, hingga akhir pekan ini.

Tetapi bagi siswa yang sudah tertampung di sekolah swasta, disarankan untuk tetap melanjutkan. Pihak Disdikbud akan mengutamakan jarak antara sekolah dengan tempat tinggal calon siswa. (Baca juga: Disdikbud Fasilitasi Siswa Agar Tak Putus Sekolah)

Pendaftar tidak akan mengikuti tes seleksi ulang, namun tidak mendapat penawaran masuk ke sekolah favorit. Calon siswa hanya dipersilakan memilih salah satu sekolah yang murid barunya masih kurang.

Halaman
12
Editor: Kholish Chered
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help