Kesehatan

Cetak 3D Mampu Pulihkan Rapuh Tulang Kaki Bocah 6 Tahun di Cina

Bocah ini lumpuh akibat perapuhan tulang, tetapi dokter di Cina berhasil memulihkannya dengan mamasang tulang kaki baru menggunakan cetak 3D. Top kan!

Cetak 3D Mampu Pulihkan Rapuh Tulang Kaki Bocah 6 Tahun di Cina
microfabricator.com
Beginilah rasa bahagia pasien, orang tua dan dokter yang berhasil memberi pertolongan kepada bocah 6 tahun, menderita kelumpuhan akibat tulang rapuh, menggunakan teknologi cetak 3 D.

TRIBUNKALTIM.CO - SEORANG anak berusia enam tahun menderita penyakit tulang rapuh, kini bisa berdiri lagi setelah menjalani operasi perintis menggunakan teknologi cetak 3D,  di Cina selatan. Anak laki-laki, dari Provinsi Guiyang, Guizhou dilaporkan kakinya pulih kembali setelah menjalani operasi pada akhir Juni, demikian laporan surat kabar pemerintah China Daily, Kamis.

"Anak saya mengalami patah tulang setiap dua atau tiga hari. Dia harus berjalan sangat hati-hati untuk menghindari situasi buruk ini," kata Lu, ayah anak itu kepada wartawan lokal. "Saya sangat senang dan bersyukur bahwa ia sekarang bisa berdiri."

Penyakit tulang rapuh atau osteogenesis menyebabkan tulang tumbuh tidak sempurna, penyakit bawaan yang disebabkan oleh mutasi genetik yang mempengaruhi produksi tubuh dari kolagen, yang ditemukan di tulang. Hal ini dapat menyebabkan deformitas tulang, harus banyak istirahat, kelelahan dan kelemahan otot. Perawatan bisa dilakukan dengan cara terapi fisik, obat-obatan untuk memperkuat tulang dan bedah ortopedi, namun, saat ini belum ada obatnya.

Sebelum operasi, bocah yang tidak disebutkan namanya itu tidak mampu berdiri, karena beberapa patah tulang yang menyakitkan di kakinya.

"Karena malformasi berat, sehingga dibutuhkan banyak foto X-ray agar operasi ini bida dilaksanakan, " kata Dr To  Kai-tsun, seorang konsultan bedah ortopedi dan traumatologi di rumah sakit Universitas Hong Kong-Shenzhen, tempat operasi berlangsung.

Dokter menggunakan model kerangka menggunakan cetak 3D untuk memeriksa penyakit pasien secara tepat dan menetapkan di mana untuk memotong tulangnya, sehingga mengurangi waktu operasi dan rasa sakit bagi pasien. Setelah membuat sayatan, ahli bedah menghubungkan kembali jaringan tulang tersebut.

Halaman
12
Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help