TribunKaltim/

Perekaman e-KTP Terhenti karena Maling Membobol Hard Disk Komputer

Selain data perekaman E-KTP, juga terdapat rekaman data Kartu Keluarga (KK). Sedikitnya ada empat hard disk yang digasak.

Perekaman e-KTP Terhenti karena Maling Membobol Hard Disk Komputer
Hand Out/Polres Bulungan
Seorang polisi, (Senin (7/9/2015), memperlihatkan perangkat komputer Disdukcapil Tana Tidung yang hard disk-nya sudah dibawa kabur oleh maling. 

Laporan wartawan TribunKaltim.co, Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO – Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tana Tidung, di Tideng Pale, Kalimantan Utara dibobol maling.

Belum diketahui persis kapan tindakan pencurian dengan pemberatan (curat) di instansi pemerintahan tersebut dilakukan oleh oknum yang tak bertanggungjawab.

“Saat ini masih kami dalami, ditangani oleh Polsek Sesayap dengan backup dari Polres. Anggota reskrim sudah turun ke sana untuk identifikasi,” sebut Kapolres Bulungan, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Eka Wahyudianta di Mapolres Bulungan, Senin (7/9/2015).

Pelaku yang jumlah dan identitasnya belum diketahui, berhasil membawa hard disk komputer yang berisi rekam data penduduk Tana Tidung yang sudah dan yang belum melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP).

BACA: Seisi Rumah tak Sadar Pencuri Beraksi, Nasi dan Semangka pun Digasaknya

Selain data perekaman E-KTP, juga terdapat rekaman data Kartu Keluarga (KK). Sedikitnya ada empat hard disk yang digasak.

“Mereka mengambil hard disk-nya saja. CPU dan monitornya, masih ada. Itu kami amankan sementara untuk barang bukti dan untuk melakukan penyelidikan selanjutnya,” tuturnya.

Di tempat kejadian sambung Kapolres ditemukan bekas congkelan pada jendela ruang kantor tempat perangkat komputer tersebut berada.

Kapolres Eka sendiri tak mau berasumsi soal kemungkinan tindakan pencurian tersebut dilakukan untuk kepentingan manipulasi data kependudukan menjelang pemilu.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help