TribunKaltim/

3 Kades Terpilih di Kecamatan Ini Hanya Lulusan SD

Rendahnya tingkat pendidikan kepala desa terpilih ini, dikhawatirkan berpengaruh pada pelaksanaan program Pemerintah Desa.

3 Kades Terpilih di Kecamatan Ini Hanya Lulusan SD
citizendaily.net
Kecamatan Lumbis Ogong 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Tiga kepala desa (kades) terpilih di Kecamatan Lumbis Ogong, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara hanya sempat mengenyam pendidikan Sekolah Dasar (SD).

Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Nunukan, Hasmuni menyebutkan, di kecamatan tersebut memang sangat sulit mencari sumber daya manusia yang telah menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Rendahnya tingkat pendidikan kepala desa terpilih ini, dikhawatirkan berpengaruh pada pelaksanaan program Pemerintah Desa. Agar tidak terjadi ketimpangan dalam urusan pemerintahan desa, dia berharap para kepala desa terpilih diberikan pelatihan khusus mengenai mekanisme perumusan dan tugas-tugas kepala desa.

Baca: Pendaftaran Calon Kades Dibuka, Ijazah SMP Bisa Daftar

“Peraturan mengenai alokasi dana desa (ADD) digodok para profesor. Sementara ADD dikelola kepala desa yang hanya tamatan sekolah dasar,” ujarnya.

Meskipun ada tenaga pendamping desa yang membantu kepala desa mengelola ADD, tentu diharapkan dia lebih kreatif dan inovatif. Jangan sampai, ketergantungan pada tenaga pendamping desa justru membuat kepala desa dimaksud tidak kreatif dan inovatif menjalankan pemerintahan.

“Menjadi seorang pemimpin dibutuhkan kewibawaan dan kebijakan yang mendukung proses pembangunan. Sehingga kades haruslah berbekal kemampuan dan integritas demi menyukseskan desanya sebagai desa mandiri,” ujarnya. (*)

***

UPDATE berita eksklusif, terkini, unik dan menarik dari Kalimantan. Like fb TribunKaltim.co  Follow  @tribunkaltim, Tonton Video Youtube TribunKaltim

Penulis: Niko Ruru
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help