Citizen Journalism

Semoga Tidak Sebabkan Macet Hari Pertama UTS

SEBAGAI warga Negara saya merasa bangga dengan kemajuan TNI Indonesia. Peringatan HUT TNI, 5 Oktober adalah hari yang penting bagi bangsa Indonesia.

Semoga Tidak Sebabkan Macet Hari Pertama UTS
tribunkaltim.co/aridjawana
Persiapan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 TNI di Lapangan Merdeka yang digelar hari ini, Senin (5/10). Warga berharap upacara ini tidak berdampak kemacetan pada jalan-jalan di sekitarnya mengingat hari ini adalah hari pertama ujian tengah semester. 

Oleh: I.A. Sebayang
Orangtua Siswa
ivansebayang@yahoo.com

SEBAGAI warga Negara saya merasa bangga dengan kemajuan TNI Indonesia. Peringatan HUT TNI pada 5 Oktober adalah hari yang penting bagi bangsa Indonesia. Peringatan ini adalah tonggak sejarah penting bagi TNI dan bagi Indonesia yang kita cintai ini. Peringatan ini tentunya tidak hanya milik anggota TNI namun juga milik seluruh rakyat Indonesia.

Spirit dari peringatan ini adalah sebagai wujud nyata rakyat Indonesia dalam bersatu dan berdaulat membangun negara yang kita cintai ini, dan saya sebagai rakyat Indonesia mendukung penuh perjuangan TNI. Namun amat disayangkan bila peringatan TNI di Lapangan Merdeka Balikpapan kali ini bisa membawa kesan yang kurang baik bagi masyarakat.

Seperti kita ketahui bahwa Lapangan Merdeka berlokasi di tengah-tengah banyak sekolah dari mulai TK sampai SMU sekaligus menjadi akses masyarakat Balikpapan untuk menuju pusat-pusat perkantoran, sehingga penutupan beberapa akses jalan di pagi hari yang pada saat latihan tanggal 30 September dan gladi bersih upacara TNI tanggal 2 Oktober pada saat jam masuk sekolah dan kantor sempat mengakibatkan kemacetan parah di sekitar wilayah sekolah-sekolah tersebut. Akibatnya sejumlah anak-anak sekolah datang terlambat dan secara langsung juga berdampak pada kemungkinan terganggunya kegiatan belajar mengajar di sekolah.

BACA JUGA: Nenek 97 Tahun Nan Perkasa, Terjatuh dari lantai 4 Bergelantung di AC

Ini sangat kontras, karena pemerintahan Jokowi saat ini sangat concern dalam memajukan pendidikan, kita semua pasti setuju bahwa anak-anak kita adalah harapan penting bagi masa depan Indonesia yang kita cintai. Dan saya sebagai orangtua sangat menyayangkan hal ini, karena macet yang ditimbulkan menurut saya bisa menggangu kegiatan belajar mengajar sekolah.

Di lain hal, anak-anak sekolah dikhawatirkan justru menjadi kurang simpati kepada TNI karena menyebabkan mereka terlambat ke sekolah. Sangat disayangkan bukan bila peran TNI yang seharusnya mengayomi masyarakat justru dianggap mengganggu kegiatan rutin masyarakat.

BACA JUGA: Aku Ikhlaskan Kematianmu Nak

Terlebih lagi, peringatan hari TNI Senin, 5 Oktober 2015 bertepatan dengan hari pertama Ujian Tengah Semester (UTS) bagi siswa-siswi SD, SMP dan SMU. Tentunya ini bisa sangat mengganggu secara psikologis jika anak-anak sekolah datang terlambat ke sekolah untuk ujian karena macet.

Saya menyampaikan ini bukan untuk menolak pelaksaan peringatan HUT TNI, namun mengajak para pihak terkait untuk lebih mempertimbangkan dampak-dampak bagi anak-anak kita. Harapan saya TNI dapat mengubah waktu penyelenggaraan acara agar tidak mengganggu kegiatan sekolah anak-anak yang sedang ujian. (*)

Tabik.

Editor: Amalia Husnul Arofiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved