Maksimalkan Penyaluran Kredit, Bankaltim Fokus Proyek Pembangunan Daerah

Di mana nilai yang berhasil disalurkan sebesar Rp 1,034 triliun. Dengan pangsa paling besar berasal dari kredit konsumsi, disusul kredit konstruksi.

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim atau Bankaltim Cabang Balikpapan, mencatat sampai Oktober ini, realisasi kredit yang telah disalurkan sebesar 85 persen dari target yang ada.

Di mana nilai yang berhasil disalurkan sebesar Rp 1,034 triliun. Dengan pangsa paling besar berasal dari kredit konsumsi, disusul kredit konstruksi.

Pimpinan Bankaltim Cabang Balikpapan Muhammad Dayat menyebutkan, adapun target akhir tahun yang harus dipenuhi adalah sebesar Rp 1,227 triliun.

"Sektor kredit konsumsi mendominasi sebesar 52 persen, sedangkan konstruksi sebesar 30 persen. Sisanya berasal dari kredit UMKM, dan lainnya," ungkap Dayat beberapa waktu lalu.

Dayat mengaku optimis mampu memenuhi target selama dua bulan terakhir 2015. Menurutnya, hal ini dilatarbelakangi karena masih banyak proyek pembangunan yang saat ini tengah dikebut pengerjaannya.

Baca: Resmikan ATM Drive Thru, Bankaltim Siap Hadapi Persaingan Bebas

BPD Kaltim, lanjutnya, memang dilahirkan sebagai agen pembangunan percepatan daerah, khususnya proyek yang menggunakan dana APBD/APBN. Maka tak heran sejumlah proyek pembangunan daerah menjadi andalan dari BPD Kaltim.

Kendati pertumbuhan ekonomi daerah melambat hal ini dinilai belum berdampak pada penyaluran kredit untuk sektor kosntruksi.

"Saat ini proyek pembangunan memang melambat, sebab banyak pemilik modal yang harus berhati-hati dengan kondisi sekarang, sementara proyek pembangunan pemerintah relatif lancar karena dana yang tersedia sudah dianggarkan," jelasnya.(*)

***

UPDATE berita eksklusif, terkini, unik dan menarik dari Kalimantan. Like fb TribunKaltim.co  Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim

Penulis: Amanda Liony
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help