Citizen Journalism

Pemuda Mengisi Hari dengan Hal Positif

Terkadang kita sebagai anak muda kerapkali menghadapi situasi di mana jiwa dan semangat terkalahkan oleh rasa malas yang sangat berlebihan.

Pemuda Mengisi Hari dengan Hal Positif
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi. Seorang siswa terlihat serius saat mengunjungi Museum Sumpah Pemuda. Dengan peringatan Sumpah Pemuda kali ini diharapkan pemuda mengisi harinya dengan berbagai kegiatan yang positif. 

Oleh: Muhammad Afif Sekedang
Siswa Kelas IX A1, SMPIT Cordova Samarinda
r_amirta@yahoo.com

PERNAH kita baca di surat kabar tentang beberapa prestasi yang telah diraih teman-teman kita di Samarinda seperti:

  • Teman kita dari SMAN 10 Samarinda: Juara 1 tingkat Internasional pada International Competition bidang TI oleh Aulia,di Malaysia, lomba Spontanews Crisis Challange dalam event Sri Aman Enviromental Youth Leadership Summit (SAEYLS) 2015.
  • SMAN 3 Samarinda meraih kategori The Best Newscastingand Second Best High dalam lomba Bahasa Inggris tingkat Asia di Universitas Bina Nusantara, Jakarta tahun 2015.
  • SMPN 4 Samarinda: Juara umum marching band di Festival Mahakam yang ke 13 kategori umum.
  • SMPIT: Juara 1 lomba Olimpiade Sains Biologi (OSAGI) IV tahun2014;Juara 1 lomba Olimpiade Story Telling SMP 2015, M Ariq Attala, diadakan oleh ELC (English Language Competition)yang berlangsung di Balai Bahasa Unmul.

Banyak lagi prestasi-prestasi yang telah diraih oleh beberapa sekolah di Samarinda yang tidak bisa saya tulis satu persatu, baik lomba di bidang olahraga, karya tulis, mading, musik, dan lain-lain. Melihat prestasi mereka, kita semua pasti iri dalam arti positif, kita jadi termotivasi ingin seperti mereka. Walau kita yakin untuk mendapatkan semua itu mereka melewati usaha dan perjuangan yang besar.

BACA JUGA: Kisah Adam, Pemuda Provinsi Perbatasan Raih Beasiswa ke Tiongkok

Bagi mereka yang tidak dapat meraih prestasi di bidang akademik sebagaimana contoh-contoh di atas, kita dapat memulai hal positif yang sederhana di mana hal itu dapat dimulai dari rumah, misalnya dengan membantu ibu melakukan pekerjaan sehari-hari seperti menyuci dan menyetrika pakaian kita sendiri, menyapu dan membersihkan rumah, mencuci piring serta berbagai aktivitas positif lainnya.

Bagi mereka yang memiliki hobi tertentu, juga dapat mulai mengembangkannya dengan membaca buku, mencari informasi di internet, bergabung dengan klub atau kelompok yang sesuai dengan hobi kita tersebut, atau bahkan mengikuti berbagai kursus yang banyak ditawarkan untuk menunjang hobi kita tersebut.

LIHAT JUGA: VIDEO- Selundupkan Narkoba Dalam Perut, Pemuda Ini Tewas di Pesawat

Terkadang kita sebagai anak muda kerapkali menghadapi situasi di mana jiwa dan semangat terkalahkan oleh rasa malas yang sangat berlebihan.Padahal banyak anak-anak di luar sana yang harus menghabiskan waktunya untuk berjuang dalam hidup.

Seperti halnya seorang anak bernama Sinar. Sinar adalah seorang anak yang sejak kecil sudah membantu ibundanya yang sakit-sakitan. Mencari nafkah dan mengurus ibundanya. Sinar tinggal di desa Riso, kecamatan Tapango, Polewali,Mandar, Sulawesi Barat. Mencari nafkah bukan suatu pilihan bagi mereka, namun merupakan jalan yang harus dihadapi.

Semoga kita bisa belajar dari teman-teman kita yang berhasil dalam mengisi masa mudanya dengan hal yang positif dalam bentuk dan bidang apapun, yang mungkin bisa bermanfaat tidak hanya bagi dirinya namun juga bagi masyarakat di sekitarnya. Semoga tulisan ini bisa menjadi motivasi sederhana bagi rekan-rekan muda yang lain, namun setidaknya hal ini semoga dapat menjadi penyemangat bagi diri saya sendiri. (*)

Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved