Citizen Journalism

Semua Orang adalah Pahlawan

SOEKARNO pernah berkata "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya" (Pidato Hari Pahlawan 10 November 1961).

Semua Orang adalah Pahlawan
surya/ahmad zaimul haq
Sejumlah peserta dari komunitas pecinta sejarah, Roodebrug Surabaya menyajikan teatrikal di kawasan Jl Gubernur Suryo saat mengikuti parade Surabaya Juang 2015, Minggu (8/11/2015). Gelaran Surabaya Juang dalam rangka memeriahkan Hari Pahlawan. 

Oleh Kolonel Kav Budi Edwar, S.IP.
Staf Ahli Pangdam VI/Mlw Bidang Hukum dan Humaniter

SOEKARNO pernah berkata "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya" (Pidato Hari Pahlawan 10 November 1961). Hal ini menunjukkan sebagai warga Negara kita tidak boleh melupakan jasa para pahlawan. Setiap tahun kita selalu memperingati Hari Pahlawan.

Peringatan Hari Pahlawan berawal dari peristiwa 10 November 1945, peristiwa bersejarah yang dipicu tewasnya Jenderal Mallaby. Di samping sungguh banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi di hampir semua wilayah Nusantara.

Dengan tidak mengurangi penghargaan kepada setiap peristiwa bersejarah lain, melalui suatu proses maka ditetapkanlah 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional, sebagai simbol bagi Bangsa Indonesia untuk selalu mengenang pengorbanan Bangsa Indonesia dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Dan menjadi kewajiban besar bagi generasi penerus untuk tetap mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan segala kreasi, inovasi untuk mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia.

BACA JUGA: Sekjen Demokrat Rayakan Hari Pahlawan di Situs Bersejarah Balikpapan

Hal ini juga telah dituangkan dalam pembukaan UUD 1945 sebagai impian para pendahulu/pahlawan yang telah dengan suka rela mengorbankan harta benda bahkan jiwa raga dalam merebut kemerdekaan yang kita nikmati pada saat ini. Pahlawan saat ini  bukanlah pahlawan yang selalu membawa senjata mengusir para penjajah.

Pahlawan masa kini adalah kita semua. Kita dengan segala kemampuan dan keahliannya masing masing dalam mengisi kemerdekaan.

Kita mengisi kemerdekaan dengan cara yang berbeda. Semua adalah pahlawan dalam  menghasilkan perbuatan baik untuk  masa kini dan nanti. Kita semua Pahlawan, untuk itu mari tingkatkan kemampuan kita.

Halaman
123
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved