Hore, Pelaku UMKM Bisa Pinjam Modal Tanpa Agunan dan Bunga

Itu artinya, Perda tentang Pemberian Jaminan Kredit UMKM efektif bisa berjalan pada tahun 2017 nanti.

Hore, Pelaku UMKM Bisa Pinjam Modal Tanpa Agunan dan Bunga
HO
Ketua PKK Kaltara Ina Ratnawati Triyono berkunjung ke stand pameran Provinsi Kaltara, dalam ajang pameran UMKM di Jakarta beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR – Kabar gembira bagi masyarakat Kalimantan Utara (Kaltara).

Tahun depan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltara bakal menggodok kebijakan pemberian jaminan kredit bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Rencana kebijakan itu sudah masuk dalam program legislasi daerah (Prolegda) tahun 2016 mendatang bersama 23 rancangan peraturan daerah (raperda) lainnya.(baca juga: Santunan Rp 3,8 Miliar dari Arab Saudi untuk Korban Tewas Crane Mekkah Belum Cair )

Itu artinya, Perda tentang Pemberian Jaminan Kredit UMKM efektif bisa berjalan pada tahun 2017 nanti.

Ketua Badan Pembuatan Peraturan Daerah (Baperda) DPRD Kaltara Rakhmat Madjid Gani, Senin (16/11/2015) menjelaskan, latar belakang pemberian jaminan kredit itu agar tumbuh kembang UMKM semakin menggeliat.

Kemudian, jika mengajukan modal usaha di perbankan komersial umumnya harus dilengkapi dengan agunan, disertai bunga pinjaman.(baca juga: Ratusan Warga Antusias Dukung Aksi 1.000 Tanda Tangan Sungai Karang Mumus )

“Nah, kami kita coba, pemerintah membuat regulasi yang menjamin pelaku UMKM. Masyarakat kasihan, ketika ke perbankan komersil, harus ada agunan,” tuturnya. (*)

***

  Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved