TribunKaltim/

12 Anggota BPBD Mahulu Ikut Latihan Basarnas

Kasie Operasi Basarnas Mujiono mengatakan, kegiatan pelatihan termasuk dalam salah satu tugas pokok yakni pembinaan.

12 Anggota BPBD Mahulu Ikut Latihan Basarnas
TRIBUN KALTIM/RUDY FIRMANTO
Para peserta pelatihan Water Rescue yakni anggota BPBD Kabupaten Mahakam Hulu‎ melakukan gerakan peregangan sebelum mereka harus terjun langsung ke laut di pantai Segara Sari Manggara, Kamis (26/11/2015). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN -‎ Sebanyak 12 anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mahakan Hulu mengikuti pelatihan Water Rescue dengan instruktur dari Badan SAR Nasional (Basarnas) Balikpapan, Kamis (26/11/2015).

Kasie Operasi Basarnas Mujiono mengatakan, kegiatan pelatihan termasuk dalam salah satu tugas pokok yakni pembinaan.

"'Kita beri pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi para anggota BPBD daerah sehingga ketika dalam situasi darurat bisa ikut membantu Basarnas," katanya.

Selama 4 hari mulai 24-27 November 2015 para peserta diberi materi teori dan praktik langsung mulai di kolam renang hingga laut lepas dalam mengevakuasi situasi darurat khususnya di wilayah perairan.

"Jadi hari pertama mereka kita beri pelatihan in class lanjuthari kedua kita terjunkan ke lapangan tetapi dalam kolam renang atau lingkup lebih kecil, di hari ketiga baru kita bawa mereka ke pantai untuk lebih merasakan suasana yang lebih nyata," katanya.

Baca: Menyisir Lautan, Basarnas Turunkan 20 Personel

Mulai pukul 08.30 wita para peserta dan instruktur berkumpul di Pantai Segara Sari Manggar, memulai pemanasan dan berlari setelah cukup mereka diminta untuk berenang sejauh sekitar 200 meter ke arah laut dan diberi batas waktu tertentu untuk bisa kembali lagi ke pantai.

"Kita pantau fisik juga harus prima kesigapan mereka dalam mengevakuasi di dalam air seperti apa, semua materi yang kita berikan apa sudah bisa mereka terapkan keseluruhan," katanya.

Selama satu hari mereka akan full berada di pantai manggar untuk mempraktekan seluruh materi yang sebelumnya sudah diberikan. (*)

***

Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim

Penulis: Rudy Firmanto
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help