Inspiring

INSPIRING: Bunga Mawar Mekar di atas Kue Tart

BUNGA mawar biasanya tumbuh di atas tanah dan bermekaran di taman atau kebun. Tapi ini, bunga-bunga indah itu bermekaran di atas kue tart

INSPIRING: Bunga Mawar Mekar di atas Kue Tart
Tribun Kaltim/Cornel Dimas
Tart dengan hiasan bunga mawar 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN-  BUNGA mawar biasanya tumbuh di atas tanah dan bermekaran di taman atau kebun. Tapi ini, bunga-bunga indah itu bermekaran di atas kue tart dengan aneka warna-warna cantik. Asyiknya lagi, bunga-bunga mawar itu bisa dimakan! Itulah yang dilakukan oleh Liana Puspa (32). Perempuan cantik ini membuat bunga mawar tumbuh di atas kue tart dan enak untuk dimakan.

Terinsipirasi keindahan bunga mawar, Liana mencoba mengaplikasikannya ke dalam makanan. Ia kemudian mengisi waktu luangnya menghias kue tart dengan kumpulan bunga mawar.

Ditemui beberapa waktu lalu di basecamp dekorasi tart Balikpapan Baru, Pesona Paris, Blok W3 No 9, Liana langsung menyuguhkan tart buatan tangannya.Ukiran dan warnanya begitu memesona, seolah terlihat bunga mawar di dalam vas.
Tak semua orang bisa menyulap tart menyerupai bunga cantik. Pasalnya, butuh kesabaran dan ketelatenan tangan si pembuatnya. Dan tentu saja sense of art pembuatnya.

Sebelumnya, Liana memang sudah hobi membuat kue. Baru satu tahun setengah, ia mulai menekuni dekorasi tart. "Sebenarnya ini hanya untuk mengisi waktu luang saja. Sebelumnya memang sudah hobi bikin kue sejak 3 tahun lalu. Cuma baru satu tahun setengah ini saya serius mendekorasi kue. Keluarga saya sangat mendukung, karena bisa juga untuk refreshing," ujar Liana.
Tak hanya tart mawar merah berbalut cokelat yang disuguhkan Liana, tart mawar biru dan tulip ungu juga disajikan. Hal itu semakin membuat mata yang memandang penasaran dengan cita rasa tart tersebut. Ketiga tart itu dikerjakan Liana, Camelia, dan Eli yang tergabuing dalam kelompok Dekorasi Cake Balikpapan.

Menurut Liana, alat dan bahan yang digunakan untuk mendesain tart sama saja dengan membuat kue. Bahannya antara lain, tepung, gula, buttercream, margarine, cokelat. Selanjutnya membuat buttercream menggunakan bahan mentega, susu, dan gula. Sedangkan alat untuk membuat motif mawar pada kue, Liana menggunakan spuit. Spuit sangat mudah ditemukan di pasaran dengan berbagai ukuran dan bentuk.

"Bunganya itu dibuat dari buttercream, mengukirnya pakai spuit. Kami juga menggunakan pewarna makanan untuk mempercantik seperti warna asli bunga. Jadi aman dikonsumsi," ungkapnya.

Biasanya Liana membutuhkan waktu dua jam mendekorasi cake dari awal pembuatan kue sampai menghias motif. Bersama kedua kerabatnya, Liana mulai membuat kue sejak pukul 09.30 -16.00 Wita. Tak jarang pembuatan kuenya terhambat padamnya listrik. Akibatnya terpaksa kembali melanjutkan dekorasi cake usai listrik kembali nyala.

Selain motif bunga, Liana dan kerabatnya juga mampu membuat motif karakter (boneka) pada kue tart. Ke depannya ia tertantang membuat modeling cokelat. Apalagi menurutnya, komunitas dekorasi Cake kerap menghasilkan karya-karya baru tart.

Halaman
12
Penulis: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help