Gerobak Bantuan Rp 800 Juta Itu Mangkrak dan Karatan

Bahkan kondisnya sudah ada yang kempes ban dan sudah mulai digerogoti karatan pada bagian penyangga gerobak.

Gerobak Bantuan Rp 800 Juta Itu Mangkrak dan Karatan
TRIBUN KALTIM / BUDI SUSILO
Gerobak-gerobak berawarna silver sampai sejauh ini, masih tergeletak di kantor Dinas Perdagangan Kabupaten Bulungan, Jalan Kolonel Soetadji, Tanjung Selor, Rabu (30/12/2015). Gerobak ini diperuntukan bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Bulungan. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR – Gerobak-gerobak yang diperuntukan bagi pedagang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sampai sejauh ini, masih tergeletak di kantor Dinas Perdagangan Kabupaten Bulungan, Jalan Kolonel Soetadji, Selasa (5/1/2016).

Sebelumnya ada pernyataan resmi dari Dinas Perdagangan Kabupaten Bulungan, pada akhir tahun 2015, gerobak-gerobak tersebut akan dibagikan kepada mereka yang berhak menerimanya, yakni para pelaku UMKM yang bertaraf ekonomi lemah. (baca juga: Wah. . . Gaji PNS Samarinda Telat, Sekda Bantah Pemkot Bangkrut )

Namun sudah masuk Januari 2016, gerobak yang berumlah 100 unit itu masih terpajang di halaman belakang kantor Dinas Perdagangan. Bahkan kondisnya sudah ada yang kempes ban dan sudah mulai digerogoti karatan pada bagian penyangga gerobak.

Ketika ditemui, Gerilyawansyah, Kepala Bidang Perdagangan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Kabupaten Bulungan, mengatakan, pihaknya masih belum bisa membagikan ke pelaku UMKM.

“Masih ada yang mesti kami urus,” ujarnya kepada Tribunkaltim.co di ruang kerjanya.

Dia menjelaskan, Dinas Perdagangan sudah menemukan sebanyak 100 calon penerima gerobak. Akan tetapi, 100 calon ini masih diteliti secara spesifik, apakah layak atau tidak menerima bantuan gerobak dari pemerintah. “Kami tidak mau asal membagi begitu saja. Kami mau bantuan ini benar-benar efektif,” tegas Gerilya.

Pembuatan 100 gerobak itu biayanya diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2015, yang dianggarkan sebesar Rp 800 juta.(baca juga: Detik-detik Suami Pergoki Istrinya Selingkuh Dengan Rekaman Ponsel )

Gerobak ini adalah program bantuan yang bertujuan untuk menumbuhkan roda ekonomi UMKM.

Sampai sekarang, ungkapnya, dinas masih berkutat pada verifikasi para penerima bantuan gerobak. Proses pencarian penerima bantuan masih diteliti dan didalami.

Halaman
12
Penulis: Budi Susilo
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help