Bocah Ely Menangis Saat Petugas Jemput Temannya, Josh Si Orangutan

Keceriaan yang tampak di wajah Ely mendadak sirna. Raut wajah bocah perempuan berusia sekitar dua tahun itu tiba-tiba berlinang air mata.

Bocah Ely Menangis Saat Petugas Jemput Temannya, Josh Si Orangutan
ISTIMEWA/kompas.com
Ely (2) terlihat menangis dan mendekap erat Josh, bayi orangutan yang dipelihara ayahnya sejak dua tahun yang lalu. 

tribunkaltim.co, KETAPANG - Keceriaan yang tampak di wajah Ely mendadak sirna. Raut wajah bocah perempuan berusia sekitar dua tahun itu tiba-tiba berlinang air mata.

Ely saat itu sedang bermain dengan Josh, bayi orangutan yang berusia sebaya dengannya. Ely menangis ketika delapan orang petugas gabungan datang dan mengevakuasi bayi orangutan tersebut. Peristiwa mengharukan itu disaksikan langsung Eko Kurniawan, anggota Biak Orangutan (Biak OU), Selasa (5/1/2016).

BACA JUGA: Media Asing Beritakan Orang Utan Indonesia Dihamili Petugas Kebun Binatang, Hoax?

Eko menjelaskan, informasi bayi orangutan yang dipelihara warga tersebut diperoleh dari seorang anggota Sispala Gespala SMA Negeri 1 Seponti Jaya, Ketapang, pada 28 Desember 2015. "Kita mendapat informasi awal melalui telepon dari salah satu anggota Sispala Gespala" kata Eko dihubungi Kompas.com, Rabu (6/1/2015).

Lokasi rumah warga yang memelihara orangutan tersebut diketahui berada di Kecamatan Teluk Batang. Biak OU kemudian meninjau lokasi untuk memastikan informasi tersebut. "Setelah memastikan keberadaan orangutan tersebut dan berkoordinasi dengan pemiliknya, akhirnya pemilik bernama Dahlan bersedia untuk menyerahkan Josh secara sukarela" jelas Eko.

BACA JUGA: Ini Kendala Mengapa Tak Semua Orangutan Bisa Dilepasliarkan

Usai berkoordinasi dengan BKSDA dan International Animal Rescue (IAR) didampingi Biak OU, Josh kemudian dievakuasi untuk direhabilitasi sebelum dilepasliarkan.

Muhammad Dahlan (45), orangtua Ely, menjelaskan, Josh sudah hampir dua tahun tinggal bersama mereka. Bahkan Josh sudah dianggap menjadi bagian keluarga mereka, terutama Ely yang sangat dekat dengan Josh.

BACA JUGA: Diperkirakan 100.000 Pohon di Hutan Konservasi Orangutan Hangus Terbakar

Dahlan mengaku membeli Josh dari seorang warga yang menemukan orangutan tersebut. Dia membeli Josh seharga Rp. 500.000. Selama ini Josh tinggal serumah dengan keluarga Dahlan selama delapan bulan, sebelum akhirnya Josh dibuatkan kandang sendiri.

Halaman
12
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved