TribunKaltim/

Sisa Air Waduk Manggar Masih Bertahan 2 bulan Lagi

Kalau untuk level air pada saat ini pada 6,32 meter tapi pada level tersebut masih aman untuk dua bulan ke depan

Sisa Air Waduk Manggar Masih Bertahan 2 bulan Lagi
Dok
Kondisi waduk Manggar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada November 2014. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Muhammad Alidona

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Debit air waduk Manggar sebagai sumber air baku PDAM kota Balikpapan, terus mengalami penurunan.

Hingga Selasa, (12/1/2016) debit air waduk Manggar telah mencapai 6,32 meter. Diprediksikan dengan kapasitas debit air tersebut bisa bertahan untuk dua bulan ke depan. (baca juga: Keberatan Dituduh Korupsi, Ketua BAZNAS Lapor Polisi )

Hubungan Masyarakat PDAM kota Balikpapan, Sumarni Sanusu mengungkapkan dengan debit air waduk Manggar yang saat ini menapai 6,32 meter maka distribusi air bersih kepada pelanggan akan aman selama dua bulan ke depan meskipun hujan tidak juga turun. (baca juga: Gubernur Minta Pengelola Convetion Hall Belajar dari JCC )

“Kalau untuk level air pada saat ini pada 6,32 meter tapi pada level tersebut masih aman untuk dua bulan ke depan, jadi masih aman hingga Maret, “ terang Sumarni.

Ia menjelaskan luasan waduk Manggar 403 hektar dapat menampung 14,2 juta kubik air namun saat ini debit air mengalami penurunan 2 hingga 3 cm per harinya akibat penguapan dan pemakaian.(baca juga: Pindahkan Tiang PLN dan Pipa PDAM, Biaya Fly Over Samarinda Membengkak )

Setiap hari air waduk Manggar diambil sekitar 900 liter per detik untuk dua IPA di Km 8 dan Kampung Damai.

“Kurang lebih 2 sampai 3 cm air berkurang setiap harinya turun, jadi belum ada penambahan lagi, diambil untuk 2 IPA yakni IPA Km 8 dan IPA Kampung damai, “ jelasnya. (baca juga: Calon Pedagang Berebut Formulir Pendaftaran Pasar Tumpah )

Disampaikannya, pada akhir bulan ini PDAM akan melakukan evaluasi pada waduk air Manggar. Jika debit air waduk manggar mencapai level 6 atau 5,5 m maka PDAM akan memberlakukan penggiliran distribusi air. (*)

Dan Klik Saja Follow @tribunkaltim serta Tonton Video Youtube TribunKaltim

Penulis: Muhammad Alidona
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help