Timor Leste Beri Jokowi Bintang Jasa, Kagum Cara Indonesia Tangani Aksi Teror dalam Sehari

"Sungguh merupakan kehormatan bagi saya. Penghargaan ini menjadi tanggung jawab besar dalam menjaga persahabatan, persaudaraan dan kerjasama

Timor Leste Beri Jokowi Bintang Jasa, Kagum Cara Indonesia Tangani Aksi Teror dalam Sehari
Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak menganugerahi bintang jasa kepada Presiden Joko Widodo. (Foto: Facebook Presiden Joko Widodo) 

TRIBUNKALTIM.CO -- Presiden Joko Widodo mendapat anugerah Grande Colar de Ordem de Timor Leste atau bintang jasa tertinggi dari Presiden Republik Demokratik Timor Leste, Taur Matan Ruak, Selasa (26/1/2016) kemarin.

Kunjungan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di Dili, Timor Leste, untuk memperkuat hubungan kedua negara dan menegaskan kesiapan Indonesia menjadi mitra utama pembangunan Timor Leste.

Presiden sempat menikmati tarian tradisional Babadok yang menyambutnya di bandara, sebelum berangkat menuju Istana Kepresidenan Timor Leste di mana ia disambut hangat Presiden Taur Matan Ruak dan Ibu Negara Isabel da Costa Ferreira.

Dalam sambutan ketika jamuan makan siang, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia dan Timor Leste telah dipersatukan dan diikat oleh kedekatan geografis dan budaya.

"Indonesia ingin menegaskan komitmen sebagai mitra utama pembangunan di Timor Leste dan meningkatkan kerjasama di berbagai bidang," kata Jokowi.

BACA JUGA: Kepergok Netizen, Menantu dan Anak Jokowi Antre untuk Cek Kehamilan di Klinik Biasa

Presiden Jokowi menerima bintang jasa di Timor Leste. (Sumber foto: VOA Indonesia)

Pemberian bintang jasa itu juga dinilai sebagai tanggungjawab besar.

"Sungguh merupakan kehormatan bagi saya. Penghargaan ini menjadi tanggung jawab besar dalam menjaga persahabatan, persaudaraan dan kerjasama yang erat dan saling menguntungkan bagi kedua negara, Indonesia dan Timor Leste," ujar Jokowi.

Dalam sambutan balasannya, Presiden Taur Matan Ruak menyampaikan belasungkawa atas insiden pemboman dan penembakan di kawasan Jalan Thamrin Jakarta Pusat.

Ia juga menyampaikan kekaguman dengan cara Indonesia menanggulangi aksi teror dalam waktu kurang dari satu hari.

Dalam kunjungan ini kedua kepala negara akan menyaksikan penandatanganan lima kesepakatan atau MoU, yaitu MoU kerjasama pemuda dan olahraga, kearsipan, klimatologi dan geofisika, kerjasama tim SAR, dan kerjasama energi-petroleum-dan-sumber daya mineral.

Banyak hal yang akan dibahas dalam kunjungan kali ini termasuk soal penguatan kerjasama perdagangan, investasi, energi, pembangunan infrastruktur dan percepatan penyelesaian isu perbatasan. (VOA Indonesia/em)

***
Baca berita selengkapnya, eksklusif, terkini, unik dan menarik di Harian Tribun Kaltim
Seru, berinteraksi dengan 70 Ribu netizen? Like fan page  fb TribunKaltim.co  dan Follow  twitter@tribunkaltim dan tonton Video Youtube TribunKaltim


Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help