Setelah Terbantu Listrik, Warga bisa Dengar Adzan

Warga di sekitar Jl Solekley ini hidup dari berkebun dan bertambak. Ada sekitar 30 KK dengan 150 warga RT 09 yang setiap harinya hidup tanpa listrik.

Setelah Terbantu Listrik, Warga bisa Dengar Adzan
tribunkaltim.co/siti zubaidah
Mushola di Jalan Selokley RT 09, Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur kini sudah dialiri listrik bertenaga surya berkat bantuan dari Polteknik Balikpapan. 

tribunkaltim.co - PERLU waktu sekitar tiga jam dari Jl Soekarno Hatta Km 8, Balikpapan untuk tiba di Jalan Solekley, Lamaru, Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Jalan masuk menuju lokasi masih tanah, dan sulit dilalui dengan mobil biasa.

Jika hujan jalan licin, dan dipastikan mobil bisa amblas. Listrik? Warga di RT 09 baru menikmatinya sekitar dua pekan sebelum tahun 2016.

Kehadiran listrik inipun hanya dinikmati warga mulai pukul 18.30 hingga 20.00 Wita usai shalat Isya. Maklumlah, listrik yang dinikmati 30 kepala keluarga (KK) dengan sedikitnya 150 warga di RT 09 adalah listrik tenaga surya yang memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar.

BACA JUGA: Jenius! Atasi Krisis Listrik, Gadis Ini Ciptakan Cahaya Lampu dari Air dan Garam

Berkat bantuan pengabdian masyarakat dari Program Studi Alat Berat, Politeknik Balikpapan (Poltekba).

Syahruddin, Ketua Program Studi Alat Berat mengatakan, ini untuk pengabdian masyarakat, terutama untuk daerah-daerah yang belum kebagian listrik. "Kami mencari wilayah tertentu di sekitaran wilayah Balikpapan, dan ketemulah wilayah ini," katanya.

Syahruddin yang juga Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat bersama timnya hanya ingin membantu masyarkat Balikpapan dengan memanfaatkan energi listrik dari alam, seperti solar cell atau panel surya.

"Kami menyediakan baling-baling, jika tertiup angin pasokan listriknya bisa didapat, walau hujan sekalipun," katanya.

BACA JUGA: Wow, Jepang dan Korea Selatan Segera Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Batubara

Selain itu ada konverter untuk mengabungkan energi listriknya. Selama ada angin dan kincir itu terputar, listrik bisa diandalkan.

Halaman
123
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help