Awang Jajaki Program Double Degree ITK-Australia, Ini Skema Awalnya

Program double degree tersebut akan terbagi proses perkuliahan di dua tempat.

Awang Jajaki Program Double Degree ITK-Australia, Ini Skema Awalnya
HO
Gubernur Kaltim saat berada di Australia. Kerja sama bidang pendidikan menjadi salah satu hal yang dibahas dalam kunjungan ke negeri kanguru tersebut. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Anjas Pratama

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kunjungan Gubernur Kaltim Awang Faroek ke Australia diagendakan untuk membahas kerja sama dalam berbagai bidang.

Salah satunya adalah bidang pendidikan, dimana Institut Teknologi Kalimantan (ITK) diharapkan bisa menjalin program double degree dengan salah satu universitas di Australia.

Terkait double degree, penjelasan hal ini didapatkan dari Imam Syafii, Kabag Akademik ITK Balikpapan.

“Itu memang direncanakan. Saat ini, Pak Subchan, Pembantu Rektor I ITK sedang dalam perjalanan dari Indonesia ke Australia untuk follow up program ini. Untuk prodi yang akan dipilih diikutkan dalam program double degree saya masih belum berani bicara, karena masih direncanakan. Setelah Pak Subchan pulang baru kami akan bicarakan hasilnya,” katanya.

(Baca juga: Negosiasi Soal Double Degree, Padahal Listrik Saja Belum Masuk)

Dijelaskan pula bahwa program double degree tersebut akan terbagi proses perkuliahan di dua tempat, yakni di ITK dan Victoria University.

“Jadi jurusannya satu, tetapi gelarnya ganda. Satu gelar dari ITK, dan satu gelar lagi dari Universitas di Asutralia. Misalnya S1 dalam waktu empat tahun (8 semester). Empat semester dilakukan di ITK, dan 4 semester lagi di Australia. Begitu pula dengan S2, dari empat semester, dua semester di ITK, dan dua semester lagi di Universitas Australia,” ujarnya.

Diungkapkannya, berdasarkan program double degree yang dilakukan di ITS (Institut Teknologi Surabaya), program ini bebas dipilih oleh mahasiswa ITK dengan persyaratan IPK minimal 3,5.

“Tahun 2014, ITS mengirimkan 110 mahasiswa S1 dan S2 untuk ikut program double degree ke Jerman. Tentu jika ITK melakukan program yang sama, maka ada syarat mutlak, yakni IPK mesti menimal 3, 5,” ujarnya.

Jika program ini dilakukan, maka hanya bisa dilakukan untuk program S1 saja. Ini dikarenakan ITK saat ini belum membuka kuliah jenjang S2. (*)

Netizen yang baik hati, kunjungi juga twitter kami @tribunkaltim serta Tonton Video YoutubeTribunKaltim


Penulis: Anjas Pratama
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help