Negosiasi Soal Double Degree, Padahal Listrik Saja Belum Masuk

Hingga saat ini listrik ITK masih mengandalkan genset pinjaman Pemprov Kaltim.

Negosiasi Soal Double Degree, Padahal Listrik Saja Belum Masuk
tribunkaltim.co/Anjas Pratama
MAHASISWA - Suasana penerimaan mahasiswa di gedung kampus Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Bulan Agustus ini meski dengan fasilitas seadanya, perkuliahan mulai dilaksanakan di kampus Jl Soekarno Hatta Km 13 Balikpapan ini. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Anjas Pratama

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Harapan akan setarafnya ITK (Institut Teknologi Kalimantan) dengan universitas di luar negeri saat ini sedang diagendakan Pemprov Kaltim.

Salah satu acuannya adalah dilakukannya penjajakan dengan Victoria University Australia dalam hal program double degree.

Namun, usaha penyetaraan tersebut masih terkendala beberapa hal, apalagi kalau bukan infrastruktur, dimana listrik saat ini masih mengharapkan dari genset.

“Listrik aja belum masuk, loh. Tulis di koran itu. Padahal gedung kedua sudah jadi. Tiap hari punggung lengket karena ga ada AC,” ujar Kabag Akademik ITK, Imam Syafii.

Hingga saat ini listrik ITK masih mengandalkan genset pinjaman Pemprov Kaltim.

“Tiap hari masih pakai genset yang megap-megap dan suka mati-mati. Ini karena genset bekas pinjaman dari Pemprov,” katanya.

Sebelumnya, tahun 2015 lalu, permasalahan genset ini sudah pernah diberitakan Tribun, dimana akibat hal tersebut, perkualiahan di ITK harus mengirit daya listrik.

Untuk satu gedungnya, daya listrik yang dibutuhkan sekitar 150 kVA, sementara genset pinjaman hanyalah berdaya 24 kVA.

“Karena itu, yang bisa dinyalakan hanya LCD untuk perkuliahan, kemudian AC di ruang pimpinan, lampu tak dinyalakan. Sementara bergelap-gelap dulu,” kata Imam Syafii, beberapa waktu lalu.

Kampus ITK Balikpapan diagendakan menjadi kampus terbesar di Asia. Anggarannya sebesar Rp 2,7 triliun dari Kementerian Pendidikan Tinggi untuk pembagunan seluruh fasilitas.

Dalam maket ITK yang diletakkan di Guest House Provinsi Kaltim, ITK nantinya akan dilengkapi beberapa fasilitas megah, seperti hostel, asrama mahasiswa, perumahan dosen dan karyawan, fasilitas olahraga, dan lainnya. (*)

Netizen yang baik hati, kunjungi juga twitter kami @tribunkaltim serta Tonton Video YoutubeTribunKaltim


Penulis: Anjas Pratama
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help