Bayi Laki-laki dari Rahim Seorang TKW Lahir di Toilet Bandara

Kelahiran bayi terjadi di toilet, saat Risnawati berada ruang tunggu Bandara Supadio

Bayi Laki-laki dari Rahim Seorang TKW Lahir di Toilet Bandara
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MADROSID
Risnawati (18) bersama bayinya tengah mendapat perawatan di RSAU dr Muhammad Sutomo Jalan Abdurrahman Wahid, setelah melahirkan di toilet Bandara Supadio, Kubu Raya, saat menunggu keberangkatan, Kamis (31/3/2016). 

TRIBUNKALTIM.CO -- Seorang bayi laki-laki lahir di toilet Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (31/3/2016) sekitar pukul 11.00 WIB.

Proses kelahiran oleh wanita bernama Risnawati (18) ini tak luput dari penanganan Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Penanganannya dilakukan tim yang diketuai dr Feby Esmiralda.

Kelahiran bayi terjadi di toilet, saat Risnawati berada ruang tunggu Bandara Supadio, saat TKW tersebut menunggu pesawat Lion Air untuk penerbangan menuju Makassar.

"Kita kemarin dari Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan yang nolong ibu Rismawati," kata Dokter KKP, Feby Esmiralda, saat dihubungi terkait penanganan kelahiran bayi di Bandara Supadio, Jumat (1/4/2016).

Ia menerangkan bahwa pihaknya selalu standby guna memberikan pelayanan medis, bagi penumpang yang membutuhkan. Terlebih lagi yang sifatnya insidentil, seperti penumpang yang melahirkan.

"Jadi kemarin itu, kita datang bayi sudah keluar, langsung kita bungkus bayinya dengan selimut dan klem tali pusatnya. Trus plasenta belum lepas dari rahim. Kita bantu mengeluarkan plasenta dari rahim. Posisi masih di dalam toilet," terangnya.

BACA JUGA: Terlahir Caesar, Berapakah Biaya Persalinan Cucu Presiden Jokowi?

Setelah plasenta lepas, tim medis melakukan pembersihan. Dokter menilai ibu bayi ini tidak mengetahui kalau akan melahirkan, lantaran itu pengalaman pertamanya melahirkan.

"Pada saat kejadian si ibu tidak tahu akan melahirkan karena baru anak pertama dan usianya masih muda," jelasnya.

Setelah penanganan dalam proses kelahiran selesai, dokter dari KKP langsung merujuknya ke RSAU. Ibu dan bayi sudah dalam kondisi dibersihkan dan dalam kondisi baik.

"Setelah kita bersihkan ibu dan bayinya baru kita rujuk ke IGD RSAU Pangkalan TNI AU," katanya. (Tribun Pontianak/Madrosid)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim


Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved