Demi Lindungi Pedagang Tradisional Pemerintah Kota Ini Setop Izin Ritel Modern

Kabar penyetopan izin ritel modern ini pun mendapat beragam tanggapan. Namun harapan agar dikecualikan dalam aturan itu diutarakan pengusaha

Demi Lindungi Pedagang Tradisional Pemerintah Kota Ini Setop Izin Ritel Modern
net
Ilustrasi gerai ritel modern 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah Kota Banjarmasin menyetop pemberian izin baru untuk ritel modern di 2016.

Penyetopan ini sebagai instruksi dari Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah, dan upaya melindungi usaha pedagang tradisional.

Sebelumnya Kepala Disperindag Kota Banjarmasin Erza Zain seperti diberitakan banyak media, menyampaikan penyetopan izin operasional ritel modern efektif dilakukan di 2016.

Kalaupun ada toko ritel modern yang berdiri di 2016, karena sebelumnya sudah mengantongi izin.

“Sekalipun ada yang berdiri tahun ini karena sudah mengantongi izin, dan pelaksanaan pembangunan fisiknya baru dimulai tahun ini,” tuturnya belum lama ini.

BACA JUGA: Genangan Air Kepung Banjarmasin, Wali Kota: Perlu 100 Tahun Benahi Kanal

Kabar penyetopan izin ritel modern ini pun mendapat beragam tanggapan. Namun harapan agar dikecualikan dalam aturan itu diutarakan pengusaha ritel modern lokalan, salah satunya Adi, owner Martplus.

“Menurut saya, pemerintah daerah seharusnya membina dan mengayomi pengusaha lokal. Apalagi dengan kondisi ekonomi yang sulit sekarang ini. Kalau pun disetop seharusnya berlaku untuk yang skala nasional karena modalnya lebih besar,” ujarnya, Jumat (1/4).

BACA JUGA: Percepat Pembangunan Waduk Teritip, Kajian Lingkungan dan DED Dimatangkan

Sebelumnya, Manajemen ritel modern nasional PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), menyatakan akan tetap membuka jaringan outlet sebanyak-banyaknya di wilayah Kalsel-Kalteng.

"Kalau memang tidak ada izin lagi ya mencari lokasi yang masih terbuka dan memiliki prospek yang bagus," kata Regional Corporate Communication Manager Alfamart Budi Santoso.

Sampai saat ini, Alfamart telah memiliki 170 outlet yang tersebar di wilayah Kalsel-Kalteng. Khusus untuk Kota Banjarmasin ada 60 outlet. (Banjarmasin Post/Anjar)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim


Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved