Mulai 2017, Pengelola Parkir Wajib Mengganti Jika Motor Hilang

Pihak pengelola parkir sendiri nantinya tidak akan mengganti biaya 100 persen dari kendaraan konsumen hilang di tempat parkir yang dikelolanya

Mulai 2017, Pengelola Parkir Wajib Mengganti Jika Motor Hilang
banjarmasinpost.co.id
Kepala UPTD Parkir, Bachris 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemko Banjarmasin sedang menyiapkan peraturan daerah (perda) terkait kewajiban pengelola parkir mengganti rugi jika sepeda motor atau mobil konsumen yang diparkir hilang.

Kepala UPTD Parkir Dishubkominfo Kota Banjarmasin Bachris saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (21/4/2016) siang mengatakan, perda ini sedang digodok bersama DPRD Kota Banajrmasin.

"Rencananya akan kita terapkan pada Februari 2017. Saat ini masih digidok bersama dewan. Jadi ada kewajiban pengelola parkir untuk mengganti rugi kendaraan konsumen yang hilang di tempat parkir yang dikelolanya," ujarnya.

Pihak pengelola parkir sendiri nantinya tidak akan mengganti biaya 100 persen dari kendaraan konsumen hilang di tempat parkir yang dikelolanya.

"Ada hitung-hitungannya. Sebagian besar, sekian persen ditanggung pengelola, sisanya ditanggung konsumen sendiri," jelasnya.

baca juga : Pelajar Ini Memimpikan Ibukota Provinsinya Punya Pusat Perbelanjaan dan Gedung Bioskop

Menganai bagaimana mekanisme penggantian dan lainnya, ujarnya masih akan terus digodok agar tidak merugikan baik pengelola parkir maupun konsumen.

"Harus kita atur benar-benar agar bisa matang aturan ini," ujarnya.

Seperti diketahui, Mahkamah Agung melalui putusan Peninjauan Kembali (PK) tertanggal 21 April 2010, setiap penyedia layanan parkir wajib mengganti kendaraan yang hilang dengan sejumlah uang senilai kendaraan yang hilang.

Hal ini tentu jadi 'keuntungan' tersendiri buat konsumen yang kehilangan kendaraannya di tempat parkir resmi. (*)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim

Editor: Januar Alamijaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved