TribunKaltim/

Berita Pemkab Penajam Paser Utara

Disiplin Harus Tumbuh dari Individu PNS

Menurutnya, bila nilai-nilai kedisiplinan itu telah dimiliki masing-masing individu PNS, maka pelaksanaan sidak dan pengawasan-pengawasan lainnya

Disiplin Harus Tumbuh dari Individu PNS
TRIBUN KALTIM/SAMIR
Sekretaris Daerah PPU Tohar 

- Pemkab PPU Bentuk Tim Pantau Kedisiplinan PNS 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Dalam rangka membangun peningkatan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), berbagai upaya telah dilakukan.

Salah satunya adalah budaya kerja sudah ada dengan ditopang empat nilai utama, yaitu nilai disiplin, integritas, profesionalisme dan koordinasi. Kuncinya adalah mambangun kesadaran kedisiplinan dari setiap masing-masing individu PNS.

Sekretaris Daerah Pemkab PPU, Tohar menjelaskan, profesi ASN atau PNS  adalah sebuah profesi yang telah menjadi pilihan, sehingga ketika sudah menjatuhkan pilihan tersebut, maka konsekuensinya segala ketentuan yang  telah diatur dalam aturan kepegawaian  harus bisa dilaksanakan. "Jangan sampai mengambil pilihan menjadi PNS, tetapi konsekuwensinya tidak mau diambil," jelas Tohar, Rabu, (29/6/2016).

baca juga

Kesimpulannya kata Tohar, ketika seorang ASN atau PNS  mengambil pilihan profesi tersebut, maka  konsekuwensinya apa yang menjadi tanggung jawab pribadi,  melaksanakan tugas-tugas kepegawaian di lingkup mereka bekerja dan  harus dilaksanakan tanpa adanya paksaan dari pihak-pihak tertentu atau atasan mereka.

"Katakanlah kita hadir disaat jam kerja, hadir saat hari kerja, menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan dan sebagainya itu. sudah  menjadi tanggung jawab individu yang harus dilaksanakan tanpa adanya paksaan dari pimpinan," katanya.

Untuk itu  kata Tohar, ketika  ada  kegiatan inspeksi mendadak (sidak) seperti sebelum dan sesudah hari raya selalu dilakukan, maka ke depan tidak akan dilakukan lagi karena dari hasil evaluasi ternyata juga tidak efesien. Hal ini terjadi karena belum adanya penerapan kedisiplinan yang dimulai dari indipidu masing-masing PNS.

baca juga

Menurutnya, bila nilai-nilai kedisiplinan itu telah dimiliki  masing-masing individu PNS, maka pelaksanaan sidak dan pengawasan-pengawasan lainnya tersebut tidak perlu lagi dilakukan, karena dengans sendirinya akan disiplin dengan masuk kerja tepat waktu dan melaksanakan tugas-tugas yang telah diberikan..

Lebih lanjut kata dia, yang terpenting saat ini adalah bagaimana mengimplementasikan  budaya kerja yang ditopang dengan nilai utama tersebut kepada seluruh SKPD yang ada sesuai dengan arahan pimpinan. Sementara untuk melakukan pengawasan, Tohar mengaku telah membentuk tim yang bertugas untuk melakukan pengawasan secara berkala kepada masing-masing SKPD.

Bukan hanya itu, Tohar juga meminta kepada pimpinan di SKPD untuk memberikan contoh kepada bawah mereka, karena mereka memerlukan keteladanan dari pimpinan mereka. "Bagaimana meminta bawahan untuk disiplin masuk kerja, kalau dia sendiri tidak disiplin. Yang jelas pimpinan SKPD yang tidak disiplin akan kami evaluasi juga," ucapnya. (advertorial/humas6)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help