TribunKaltim/
Home »

News

» Etam

Mudik Lebaran

Di Bandara SAMS, Calo Tawarkan Tiket Harga Dua Kali Lipat

Tanpa sungkan ia menawarkan tiket dengan sembunyi-sembunyi dari petugas di Bandara International Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Di Bandara SAMS, Calo Tawarkan Tiket Harga Dua Kali Lipat
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Ilustrasi - Penumpang di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Rudy Firmanto dan Amanda Liony

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Tingginya permintaan tiket pesawat untuk perjalanan mudik dimanfaatkan oknum untuk memperoleh keuntungan. Apalagi kalau bukan calo tiket.

Tanpa sungkan ia menawarkan tiket dengan sembunyi-sembunyi dari petugas di Bandara International Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Harga tiket yang ditawarkan dipatok sangat tinggi, bisa dua kali lipat dengan harga normal. Aksi ini terjadi karena kesempatan untuk tiket mudik Lebaran, khususnya tujuan ke Jawa sudah habis jauh sebelum Lebaran. Para calo ini ternyata masih memiliki tiket dan ditawarkan kepada calon penumpang.

"Coba saja lihat di online, sudah tidak ada tiket. Kalau mau saya bisa usahakan yang penting harga cocok," kata seorang pria yang menyebutkan namanya kepada Tribunkaltim.co di sekitar terminal kedatangan.

Baca: Dicegat Petugas Pelabuhan, Penumpang Ini Terpaksa Relakan Ayamnya Dijual

Manager Aviation Security PT Angkasa Pura I Selamet Riyadi saat dikonfirmasi mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menemukan kasus yang berhubungan dengan tiket.

"Belum ada kalau itu (tiket) apalagi kalau tiket palsu, saya kira susah dilakukan," katanya.

Meskipun begitu ia pernah menemukan ketidaksamaan identitas tiket dengan calon penumpang yang akan naik.

"Kalau nama yang tidak sama dengan tiket ada, kasus seperti ini biasanya orang yang namanya ada di tiket suruh ketemu kita. Kroscek terlebih dahulu ternyata alasannya sedang sakit sehingga penerbangan diganti adiknya dan kita minta buat surat pernyataan," katanya.

Halaman
123
Penulis: tribunkaltim
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help