TribunKaltim/

DPRD Minta Pemkab Jangan Malu Akui Kondisi Lumbis Ogong

Semestinya pemerintah segera mengambil langkah-langkah untuk mengatasi persoalan yang terjadi di perbatasan Republik Indonesia-Malaysia itu

DPRD Minta Pemkab Jangan Malu Akui Kondisi Lumbis Ogong
Repro
Peta lokasi outstanding boundary problem di Kabupaten Nunukan. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

TRIBUNKALTIM.CO,NUNUKAN - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Nunukan, Niko Hartono berharap Pemerintah Kabupaten Nunukan tidak malu membeberkan fakta-fakta kepada pemerintah pusat mengenai kondisi masyarakat di Kecamatan Lumbis Ogong.

Dia mengatakan, jika selama ini yang diberitakan media massa benar terjadi, semestinya pemerintah segera mengambil langkah-langkah untuk mengatasi persoalan yang terjadi di perbatasan Republik Indonesia-Malaysia itu.

"Bila malu mengakui, ada konsekuensinya. Misalnya kalau benar-benar dicaplok nanti negara sudah tidak akan bisa berbuat apa-apa lagi. Jadi jangan salahkan masyarakatnya,” ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini.

Seperti ramai diberitakan, sejumlah persoalan terjadi di Kecamatan Lumbis Ogong seperti pemberian dana Bantuan Rakyat 1 Malaysia (BR1M) sebesar RM1.000 yang membuat sejumlah warga eksodus dan berpindah kewarganegaraan di Malaysia.

BACA JUGA: Persaingan Semakin Ketat, Gadis Murah Senyum Ini Persiapkan Diri Sejak Dini Hadapi MEA

Selain itu, warga setempat juga mendapatkan berbagai jaminan kesejahteraan dari Malaysia seperti pendidikan gratis, kesehatan gratis dan infrastruktur.

Niko mengatakan, kondisi yang terjadi di Kecamatan Lumbis Ogong seharusnya jangan dianggap preseden buruk sehingga malu mengakuinya. “Tetapi segera ambil langkah-langkah untuk mengatasi persoalan yang terjadi di sana,” ujarnya.

Dia menyebutkan, warga di perbatasan Republik Indonesia-Malaysia di Kecamatan Lumbis Ogong memilih berpindah warga negara bukan karena persoalan sosial, politik hukum ataupun keamanan.

“Namun ini masalah kesejahteraan. Sehingga menuntun masyarakat di Kecamatan Lumbis Ogong datang ke Malaysia membuat IC dengan segala jaminan yang tidak diberikan Pemerintah Indonesia,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Niko Ruru
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help