TribunKaltim/

Gangguan Panel Outgoing, Listrik Padam Lagi 8 Jam

Warga Kubar mengeluhkan pemadaman listrik yang dilakukan PT. PLN Rayon melak, sejak pukul 20.00 Wita hingga pukul 04.00 pagi.

Gangguan Panel Outgoing, Listrik Padam Lagi 8 Jam
TRIBUNKALTIM / FACHMI RACHMAN
Ilustrasi. Seorang pedagang asongan di kawasan Jalan Sabanar Lama, Tanjung Selor, menggunakan nyala api lilin sebagai sumber cahaya di tengah kondisi listrik padam yang melanda ibukota Kaltara, Rabu (20/4/2016) malam. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR – Panel outgoing yang berfungsi mendistribusikan aliran listrik dari PLTD PLN Rayon Melak, Kutai Barat (Kubar), ke seluruh pelanggan di kota Sendawar dan sekitarnya, Rabu (27/7/2016) malam, mengalami kerusakan.

Akibat kerusakan itu, terjadi pemadaman listrik selama 8 jam. Warga Kubar mengeluhkan pemadaman listrik yang dilakukan PT. PLN Rayon melak, sejak pukul 20.00 Wita hingga pukul 04.00 pagi.

“Kami atas nama PLN meminta maaf kepada seluruh pelanggan PLN di Kubar atas ketidaknyamananya, akibat pemadaman listrik,” tegas Manajer PLN Rayon Melak, Rezy saat dikonfimasi, Kamis (28/7/2016).

Rezy mengungkapkan, pihaknya tidak ada pilihan lain, selain melakukan pemadaman listrik secara total, sejak pukul 20.00 malam hingga 04.00 pagi.

Pemadaman listrik selama delapan jam itu, dilakukan akibat terjadinya kerusakan pada panel outgoing yang berfungsi untuk membagi aliran listrik ke seluruh pelanggan PLN, dari mesin pembangkit.

BACA JUGA: Siap-siap, Pemadaman Listrik Bergilir Mulai Diberlakukan Akhir Bulan Ini

Kerusakan itu kata Rezy, diakibatkan penel mesin itu tanpa sengaja kemasukan air. “Kami memerlukan waktu selama delapan jam untuk melakukan perbaikan, hingga listrik kembali nomal,”ucapnya.

Sebab kata Rezy, komponen pada penel yang rusak itu sulit untuk diperbaiki, lantaran banyak memiliki komponen sehingga harus ekstra hati–hati. Hal itu, secara tak langsung memerlukan waktu.

“Jadi sekali lagi kami memohon maaf atas ketidak nyamananya, selama pemadaman terjadi,” ucapnya.

Dia menambahkan, untuk pasokan listrik dari belasan pembangkit di PLTD Melak, saat ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik, seluruh pelanggan PLN Melak di Kubar.

Halaman
12
Penulis: Febriawan
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help