TribunKaltim/

Waspada Radikalisme, Perhatikan Pendatang Baru, Jika Melenceng dari Aturan Laporkan

Untuk itu, ia meminta warga untuk dapat waspada, baik terhadap pendatang baru baik itu di kos atau kontrakan.

Waspada Radikalisme, Perhatikan Pendatang Baru, Jika Melenceng dari Aturan Laporkan
tribunkaltim.co/febriawan
Kodim 0912/Kubar bersama BIN menggelar coffee morning untuk membahas cara antisipasi radikalisme dan terorisme agar tak masuk ke Kubar, Kamis (28/7/2016). 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR – Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dinilai sebagai salah satu daerah sasaran empuk penyebaran radikalisme.

Untuk itu, diperlukan tindakan pencegahan di lingkungan masyarakat dengan cara tanggap dalam memberikan laporan.

Hal itu disampaikan Dandim 0912 Kubar Letkol Inf Hendriawan Senjaya, dalam sambutanya yang dibacakan Perwira Penghubung Kodim 0912 Kubar, Mayor CZI Gathut Aryo Saputro.

Dalam acara Coffee Morning pencegahan radikalisme yang diselenggarakan Kodim 0912 Kubar bersama Badan Intelijen Negara (BIN) di Aula P Tendean, halaman belakang Makodim, di Sendawar, Kamis (28/7/2016).

Acara itu dihadiri Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kubar, yakni TNI dan Polri, Pengadilan, Kejaksaan, Pemkab, para pimpinan instansi dan BUMD, para tokoh masyarakat, agama, adat, serta pemuda, serta para pimpinan ormas yang ada di Kubar.

BACA JUGA: Luhut Pernah Dituduh Menteri Susi Jadi Backing Penangkap Ikan Ilegal

Hal itu dilakukan guna untuk mencegah masuk dan berkembangnya faham radikalisme dan antisipasi konflik sosial di Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

“Kami mengimbau seluruh warga Kubar saling bersatu membangun wilayah itu tanpa membedakan apapun,”ucapnya.

Mengingat Kubar, sangat rentan masuknya radikalisme dan ekstrimisme. Hal itu dapat dibuktikan beberapa tahun silam ada kefanatikan terhadap organisasi atau kelompok yang sukuisme.

“Juga tahun lalu ada berkembang ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang menyimpang dari ideologi NKRI di Kubar,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Febriawan
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help