TribunKaltim/
Home »

News

» Etam

Job Market Fair

Mulai Hari Ini di Convention Hall, JMF Tawarkan 2.359 Lowongan Kerja

Satu lagi event besar yang paling ditunggu para pencari kerja bertajuk Job Market Fair (JFM) 2016 kembali digelar Dinas Tenaga Kerja Transmirasi

Mulai Hari Ini di Convention Hall, JMF Tawarkan 2.359 Lowongan Kerja
tribunkaltim.co
Tribun Kaltim edisi Selasa 2 Agustus 2016 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Anjas Pratama

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kabar gembira bagi para pencari kerja di Kalimantan Timur.

Satu lagi event besar yang paling ditunggu para pencari kerja bertajuk Job Market Fair (JFM) 2016 kembali digelar Dinas Tenaga Kerja Transmirasi yang dilaksanakan 2-4 Agustus di Convention Hall Samarinda.

Kegiatan ini sekaligus menjadi jawaban bagi para pencari kerja yang masih mencoba peruntungan. Tak kurang dari 2.359 lowongan kerja dari 7 sektor usaha ditawarkan Disnakertrans Kaltim melalui JFM ini.

"Selama ini JMF memang berjalan tahunan. Kali ini memasuki tahun ke-6 dan dilakukan di Gedung Convention Hall Samarinda. Hingga 1 Agustus ini sudah ada 76 perusahaan yang ambil bagian, dan akan terus bertambah hingga nanti hari H pada hari ini," ujar Kepala Disnakertrans Kaltim, Fathul Halim, saat ditemui Tribun di ruang kerjanya, Senin (1/8/2016).

Dijelaskan Fathul, dari 2.359 lowongan kerja tersebut, terbagi kembali menjadi 339 jabatan yang dibuka luas bagi para pendaftar yang nantinya akan melakukan pemberian berkas serta wawancara langsung dengan pihak perusahaan di lokasi event JMF.

 BACA JUGA:Latih Mitra Kukar, Jafri Sastra Kembali ­ke Pelukan Mantan

"Jumlah tersebut berasal dari 76 perusahaan yang sudah masuk ke kami sebagai peserta JMF. Kali ini berbeda dari segi perusahaan yang masuk, dimana kami lakukan seleksi terlebih dahulu bagi mereka yang ingi menjadi peserta dari kalangan perusahaan,. Ini dilakukan agar perusahaan yang tampil dalam JMF itu benar-benar memperkerjakan pencaker dengan sistem yang rapi," jelas Fathul Halim.

Selain itu, sehari sebelum dilakukannya JMF, yakni pada 1 Agustus, Disnakertrans sudah terlebih dahulu memberikan workshop (pelatihan) bagi para pencaker yang melakukan pendaftaran di kantor mereka.

Pihaknya mengundang dari Untag serta perwakilan swasta dari Jiwasraya.

"Ini kami berikan untuk memberikan materi, seperti bagaimana bisa mengesankan orang dalam hal wawancara, bagaimana sikap yang sebaiknya dilakukan agar bisa diterima di perusahaan, serta hal lain yang menjadi faktor diterimanya seseorang dalam perusahaan," kata Fathul.

Animo masyarakat yang mendaftar dalam JMF ini juga sudah diketahui berdasarkan jumlah pelamar pencaker yang tiap harinya datang ke kantor Disnakertrans.


Sejumlah pencari kerja melihat papan pengumuman lowongan kerja. (tribunkaltim.co/Nevrianto Hardi Prasetyo)

"Kami sudah mulai buka pendaftaran pencaker sejak seminggu lalu. Ada formulir yang kami minta diisi oleh pencaker. Kurang lebih dalam satu hari, jumlah pendaftar pencaker juga mencapai puluhan orang. Bahkan saat ini, jumlah pendaftar bisa mencapai ribuan. Sesuai dengan jumlah lowongan yang juga mencapai ribuan, yakni 2.359 lowongan kerja, ungkap ujar M Santoso, petugas Disnakertrans Kaltim.

Adanya kesempatan untuk dapat melakoni pekerjaan baru ini juga disambut baik para pencaker yang hari itu datang ke kantor Disnakertrans Kaltim.

"Sebenarnya saya sudah kerja, tetapi jika ada yang lebih baik mengapa tidak pindah. Besok akan ke sana bersama teman-teman, jadi jika ketahuan teman kantor, saya ada alasan bahwa ke JMF hanya untuk menemani teman," ujar Nadya Putri, salah satu pencaker.

Lain halnya dengan Fachrizal yang mengaku ini adalah usaha paling puncaknya dalam mencari pekerjaan.

"Senang sekaligus sedih juga, mas. Masalahnya saya sudah sering kali ditolak, dan tak dapat respon dari perusahaan yang saya lamar. Jika kali ini saya masih tak dapat kerja, tak tahu lagi harus mencoba yang bagaimana. Apalagi jika saya dengar ada 2.000 lowongan yang tersedia. Masa 1 saja saya tak bisa dapatkan? Kalau benar begitu, asya benar-benar sial," ujarnya.

BACA JUGA: Foto Bersama Cewek di Gunung Ijen, Kaesang Punya Pacar?

Sementara itu, Ardi, mengaku sudah menyiapkan lima lamaran yang akan dibawanya besok ke lokasi perusahaan yang ia idamkan.

"Saya siapkan 5 berkas untuk 5 perusahaan yang sudah saya incar. Ada dari finance, perkebunan, serta jasa travel," katanya.

Sektor jasa paling dominan dari JMF kali ini. Terdata ada 27 perusahaan yang ikut ambil bagin khusus di sektor tersebut.

Sementara itu, untuk jumlah lowongan terbanyak berasal dari sektor perdagangan dan perhotelan dengan 1.017 lowongan. JMF diagendakan sudah dibuka mulai hari ini sejak pukul 08.00 WITA.

"Sejak pagi silahkan langsung ke sana. Hingga sore haripun pasti masih akan ada banyak orang yang ada di tempat JMF nanti," kata Fathul Halim.

Halaman
Penulis: Anjas Pratama
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help