TribunKaltim/

Darurat Narkoba

Ajukan Skripsi Maupun Tesis, Mahasiswa di Kampus Ini akan Diwajibkan Tes Urine

"Rektor Sutarto Hadi yang paling antusias. Mereka ingin menghasilkan lulusan yang bebas narkoba," ujarnya.

Ajukan Skripsi Maupun Tesis, Mahasiswa di Kampus Ini akan Diwajibkan Tes Urine
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Jika dulu tes urine hanya dilakukan saat penerimaan mahasiswa baru, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kalimantan Selatan bersama Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) kini merencanakan untuk melakukan tes urine kepada mahasiswa yang ingin mengajukan skripsi maupun tesis.

Ya, tes urine untuk mendeteksi kandungan narkoba di dalam tubuh direncanakan untuk menjadi syarat bagi mahasiswa Unlam yang ingin mengajukan skripsi maupun tesis.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kalsel Ipansyah menjelaskan, hal itu merupakan komitmen yang disepakati dalam MoU antara BNN Kalsel dan Unlam.

"Rektor Sutarto Hadi yang paling antusias. Mereka ingin menghasilkan lulusan yang bebas narkoba," ujarnya.

BACA JUGA: Narkoba Lolos Lewat Malaysia, RAMD Sebut Kewenangan Terbatas

Universitas Lambung Mangkurat melaksanakan Rapat Terbuka Senat Universitas dengan acara Wisuda yang ke 83, di Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin, Kalsel, (10/8/2016). Wisuda kali ini diikuti oleh 1.133 wisudawan yang terdiri atas 48 orang lulusan S0, 967 orang lulusan S1, dan 118 lulusan S2. (Sumber Foto: unlam.ac.id)

Hal ini tentu disambut baik BNN Kalsel. Dia mengatakan, tidak menutup kemungkinan mahasiswa yang bersih dari narkoba saat masuk kuliah, terkontaminasi narkoba akibat sejumlah faktor, lingkungan misalnya.

"Ya kita kota besar, kemungkinan terjerumus tentu lebih besar. Makanya hal begini harus diperketat supaya mahasiswa juga berpikir, mau lulus nanti harus diperiksa lagi urine mereka," ujarnya.

BACA JUGA: Sejoli Kedapatan Simpan Dua Poket Sabu Dalam Kloset

Meski belum tahu kapan direalisasikan, tapi kata Ipansyah, pembahasan bahkan sudah sampai pada konsekuensi terhadap mahasiswa yang urinnya terbukti positif narkoba nantinya.

(Penulis: Rahmadhani)
***
Baca berita unik, menarik, eksklusif dan lengkap di Harian Pagi TRIBUN KALTIM
Perbarui informasi terkini, klik  www.TribunKaltim.co
Dan bergabunglah dengan medsos:
Join BBM Channel - PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co,  follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim


Editor: Syaiful Syafar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help