TribunKaltim/

Wabah Kaki Gajah

Waspada Kaki Gajah Mewabah, Satu Orang Bisa Menulari 100 Orang

Penyebaran penyakit hampir merata terjadi di 16 kecamatan. Masyarakat pun diminta waspada dan berhati-hati karena penyakit kaki gajah bisa menular.

Waspada Kaki Gajah Mewabah, Satu Orang Bisa Menulari 100 Orang
DAILY MAIL
DOK - Kaki Gajah bocah Verdant membingungkan 100 dokter 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Penyakit kaki gajah kronis atau filariasis saat ini tengah mewabah di wilayah Kutai Barat (Kubar).

Penyebaran penyakit hampir merata terjadi di 16 kecamatan. Masyarakat pun diminta waspada dan berhati-hati karena penyakit kaki gajah bisa menular.

Data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kubar, tercatat ada 127 warga Kubar menderita penyakit yang ditularkan melalui nyamuk tersebut. Penderita penyakit gajah dialami orang dewasa hingga anak-anak. Menurut catatan Dinkes, seorang anak yang masih berusia 11 tahun diketahui mengidap penyakit kaki gajah.

"Saat ini Kubar dalam kondisi waspada penyakit kaki gajah," ungkap Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Barat, Depit Manual, SKM.

Dia menjelaskan, jumlah penderita penyakit kaki gajah di Kubar terus melonjak. Pada 2014 tercatat hanya 121 orang mengidap filariasis atau kaki gajah kronis. Namun pada 2016, angkanya sudah mendapai 127 orang.

"Perlu diketahui satu penderita kaki gajah bisa menularkan ke 100 orang, jadi warga harus waspada," tegasnya.

Menurut Depit, dari jumlah penderita sekarang diperkirakan pola penularannya terdiri dari 1 kasus kronis ada 10 kasus akut dan yang 100 kasus sudah tertular namun belum memunculkan gejala ke kasus kaki gajah.

Apabila ada 127 kasus kaki gajah kronis, diperkirakan ada 12 ribuan kasus akut, meski belum menimbulkan gejala dan berpotensi menular ke orang lain. "Gejala penyakit ini muncul lima sampai 10 tahun ke depan," tutur Depit.

Gejala penyakit kaki gajah tidak serta merta muncul dengan cepat. Angka 12 ribu belum menimbulkan gejala. Akan tetapi di dalam tubuh orang itu sudah terdapat cacing fileria.

Penularan penyakit kaki gajah hampir merata di setiap daerah. "Bahkan saat ini kami telah temukan ada siswa kelas 4 SD tertular penyakit ini. Kaki anak tersebut sudah mulai membengkak,"jelasnya.

Halaman
123
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help