Seni Budaya

Akhirnya, 21 Rahasia Kehidupan Puro Pakualaman Terkuak Sekarang

Sebagian rahasia kehidupan itu akan dibeberkan untuk umum dalam “Batik & Bathok Night” yang diselenggarakan warga Langenastran pada Sabtu, 15 Oktober.

Akhirnya, 21 Rahasia Kehidupan Puro Pakualaman Terkuak Sekarang
HO/Puro Pakualaman
Sebagian rahasia kehidupan akan dibeberkan untuk umum dalam Batik & Bathok Night yang diselenggarakan warga Langenastran pada Sabtu, 15 Oktober 2016. 

TRIBUNKALTIM.CO, YOGYAKARTA - Duapuluh satu rahasia kehidupan Puro Pakualaman terkuak.

Uniknya yang membuka tabir rahasia adalah GKBRAy Paku Alam dalam pertemuannya dengan Panitia “ Langenastran - Batik & Bathok Night (BBN)” KRT Radya Wisraya Sumartoyo dan AM Putut Prabantoro, di Puro Pakualaman, Sabtu (24/9/2016).

Sebagian rahasia kehidupan itu akan dibeberkan untuk umum dalam “Batik & Bathok Night” yang diselenggarakan warga Langenastran pada Sabtu, 15 Oktober 2016.

Warga dan sesepuh masyarakat, Langenastran dideklarasikan sebagai Kampung Wisata Budaya pada 3 September 2016 bersamaan dengan diresmikan Omah Media (Media Corner) AVOCADO yang terletak di jalan Langenastran Lor, Yogyakarta.

Baca: Kebahagiaan Abdi Dalem Keraton Solo Saat Dapat THR Rp 102 ribu

Menurut GKBRAy Paku Alam, Puro Pakualam memiliki 21 rahasia kehidupan yang termuat dalam ajaran Sestradi.

Ajaran tersebut memuat kaidah hidup sebagai pemimpin dan hidup dalam masyarakat yang senantiasa harus dihormati oleh para kerabat dan juga manusia.

“Ajaran Sestradi itu berasal dari mendiang eyang Paku Alam Pertama yang berisi tentang keseimbangan perilaku 21 sifat manusia yang baik dan buruk,"ungkap GKBRAy Paku Alam.

Ke-21 sifat yang baik harus dilaksanakan dan 21 sifat yang buruk harus dihindari. Keseimbangan hidup dan perilaku baru tercapai jika, ke 21 masing-masing sifat dilaksanakan dan senantiasa diingat dalam perjalanan hidup seorang manusia.

Ke-21 sifat baik itu adalah, Ngadeg, Sabar, Sokur, Narimo, Suro, Manteb, Temen, Suci, Enget, Srana, Ikhtiar, Prawira, Dibya, Suarjana, Bener, Guno, Kuat, Nalar, Gemi, Yitno, dan Taberi.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help