TribunKaltim/

Protes ke Hakim dan Jaksa, Nurdin Soroti Status Hukum Mantan Legislator yang Tak Diproses

Kendati demikian, Nurdin tidak merinci nama-nama mantan Anggota dewan yang belum diproses hukum. ‎

Protes ke Hakim dan Jaksa, Nurdin Soroti Status Hukum Mantan Legislator yang Tak Diproses
TRIBUN KALTIM / UDIN DOHANG
Sidang putusan kasus dugaan korupsi berjamaah empat mantan Anggota DPRD Bontang periode 1999-2004, di Pengadilan Negeri Bontang, akhirnya dimulai, setelah molor empat jam. ? 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Udin Dohang

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Terdakwa kasus dugaan korupsi berjamaah dana asuransi DPRD Bontang periode 1999-2004, HM Nurdin menyampaikan protes terbuka kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan majelis hakim Tipikor Samarinda yang menyidangkan perkaranya.

Sesaat sebelum majelis hakim membacakan putusan atas dirinya, Rabu (28/9/2016), Nurdin meminta penjelasan atas status beberapa koleganya, mantan Anggota DPRD Bontang periode pertama yang hingga kini belum disentuh hukum.

Pasalnya, dugaan korupsi dana asuransi DPRD Bontang periode pertama yang menyeret dirinya, serta fasilitas tambahan didapatkan oleh semua 25 Anggota Dewan pada masa itu.

"Makanya disebut korupsi berjamaah karena semua anggota pada periode itu menerima dana asuransi. Kok sampai sekarang ada yang tidak diproses," ungkap Nurdin.

Kendati demikian, Nurdin tidak merinci nama-nama mantan Anggota dewan yang belum diproses hukum. ‎

(Baca juga: Molor Empat Jam, Sidang Putusan Korupsi Kuartet Mantan Legislator Bontang Akhirnya Dimulai)

Ia hanya mengatakan masih ada lima sampai enam orang yang disidang.

"Ini kasus lama. Saya justru kasihan kalau kasus ini tidak dituntaskan karena justru menyandera teman-teman," tutur Nurdin saat ditemui sesaat sebelum sidang dimulai.

Selain itu, mantan Anggota DPRD Bontang tiga periode dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan juga menyoal sidang putusan yang molor hingga 4 jam‎.

Halaman
12
Penulis: Udin Dohang
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help