TribunKaltim/

Seni Budaya

Gawe Akbar, Singkawang jadi Tuan Rumah Festival Seni Budaya Melayu XI Kalimantan Barat

Sekda Kota Singkawang Syech Bandar menegaskan bahwa festival ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lomba dan eksebisi.

Gawe Akbar, Singkawang jadi Tuan Rumah Festival Seni Budaya Melayu XI Kalimantan Barat
BARRY KUSUMA
Perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat. 

TRIBUNKALTIM.CO, SINGKAWANG - Kota Singkawang menjadi tuan rumah dalam perhelatan Festival Seni Budaya Melayu XI Kalimantan Barat (FSBM XI). Gawe Akbar tersebut akan diselenggarakan pada 17-22 Oktober 2016.

Koordinator Bidang Publikasi Pelaksanaan FSBM XI, Rindar Prihartono menyampaikan kegiatan tersebut akan dipusatkan di Stadion Kridasana Singkawang, yang akan dimeriahkan utusan perwakilan dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalbar.

Pihak panitia pun meluncurkan website untuk masyarakat yang ingin mendapatkan akses informasi melalui situs http://mabmsingkawang.org yang terkoneksi dengan jejaring sosial.

Baca: Ini Kisah Dibalik Tarian yang Mengantarkan Unmul Raih Juara di Festival Tari Borneo

"Panitia berharap peserta dan masyarakat Kalbar dapat mengakses informasi penyelenggaraan baik acara, lomba, berita, daftar hotel dan lainnya dari media online tersebut," ujar Rindar, Jumat (30/9/2016).

Sekda Kota Singkawang Syech Bandar menegaskan bahwa festival ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lomba dan eksebisi.

"Masyarakat yang ingin menyaksikan berbagai perlombaan juga akan menemukan jajanan kuliner tradisional. Akan ada kuliner khas Melayu dengan cara besaprah yang dapat dinikmati pengunjung setiap harinya. Baik siang maupun malam akan ada saprahan di lokasi lomba. Makanan tersedia tidak putus-putus,” ujar Bandar yang juga selaku Ketua Panitia FSBM XI.

Bandar memastikan bahwa panitia juga mempersiapkan malam takruf bersama Wali Kota Singkawang. Acara ini sebagai penyambutan tuan rumah kepada peserta dan kontingen kabupaten/kota yang menjadi peserta FSBM XI.

Baca: Cantiknya Penari-penari dari Pedalaman Ini Memikat Pengunjung Festival Kemilau

“Dalam pelaksanaan FSBM XI, panitia akan menyiapkan dan memfasilitasi keperluan peserta lomba selama kegiatan berlangsung,” ucapnya.

Agenda perlombaan tersebut di antaranya adalah lomba pencak silat, lomba bertutur, lomba rias pengantin Melayu, Syair, rancang motif Melayu, lomba sampan bidar, lomba lagu, tarian dan parade busana serta berbagai kegiatan khas tradisi Melayu lainnya. (Yohanes Kurnia Irawan)

***
Baca berita unik, menarik, eksklusif dan lengkap di Harian Pagi TRIBUN KALTIM
Perbarui informasi terkini, klik  www.TribunKaltim.co
Dan bergabunglah dengan medsos:
Join BBM Channel - PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co,  follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim



Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help