Karier

Wonder Woman. . . Terbukti Wanita Bekerja 170 Tahun Lebih Banyak ketimbang Pria

Berdasarkan negara, laporan ini mengungkapkan bahwa wanita Amerika Serikat menghabiskan 13 menit lebih banyak daripada pria untuk bekerja.

Wonder Woman. . . Terbukti  Wanita Bekerja 170 Tahun Lebih Banyak ketimbang Pria
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Banyak orang beranggapan bahwa ayah adalah tulang punggung keluarga yang bekerja keras demi menghidupi keluarganya.

Namun, ternyata wanita meluangkan lebih banyak waktu untuk bekerja daripada pria.

Tak heran julukan supermom, wonder woman pada wanita yang bekerja di kantor maupun mengurus pekerjaan domestik layak disematkan.

Baca: Ini Dia Supermom, Usai Melahirkan Performa Kerja Wanita Justru Lebih Baik

Pasalnya, menurut World’s Economic Forum’s Global Gender Gap Report 2016, secara global wanita bekerja 170 tahun lebih banyak daripada pria.

Padahal, laporan serupa yang diterbitkan tahun lalu menyebutkan bahwa perbedaan ini bisa ditutup pada tahun 2133 bila pria dan wanita mulai bekerja dengan jumlah waktu yang sama. Namun, kini perkiraan tersebut mundur ke 2186.

Berdasarkan negara, laporan ini mengungkapkan bahwa wanita Amerika Serikat menghabiskan 13 menit lebih banyak daripada pria untuk bekerja.

Sementara itu, wanita India, Portugal, dan Estonia bekerja 50 menit lebih banyak daripada pria.

Wanita Britania Raya juga bekerja 16 menit lebih banyak dan dalam setahun perbedaan ini bisa diakumulasi menjadi 12 hari.

Baca: Ini Pesan untuk Wanita Karier, Berdandanlah agar Mudah Dapatkan Gaji Besar

Kemudian, laporan ini juga hanya memperhitungkan waktu yang dihabiskan di kantor dan tidak termasuk waktu yang dihabiskan wanita untuk pekerjaan tak dibayar, seperti mengurus rumah dan mengasuh anak.

Akan tetapi, dalam penelitian dari organisasi ActionAid yang dipublikasikan bulan lalu, terungkap bahwa wanita juga mendedikasikan lebih banyak waktu untuk mengurus rumah daripada pria.

Perbedaannya di Amerika Serikat sebanyak 18 menit sehari, tetapi di Turki menjadi lebih jauh hingga 51 menit sehari, di mana pria hanya melakukan kegiatan domestik sebanyak 24 menit dan wanita 75 menit. (Shierine Wangsa Wibawa)

***

Baca berita unik, menarik, eksklusif dan lengkap di Harian Pagi TRIBUN KALTIM
Perbarui informasi terkini, klik  www.TribunKaltim.co
Dan bergabunglah dengan medsos:
Join BBM Channel - PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co,  follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help