Home »

News

» Salam

Salam Tribun

Satu Harga Satu Indonesia

Paling penting dari kebijakan satu harga, setidaknya perlahan dapat mengurangi kesenjangan fasilitas di masyarakat.

Satu Harga Satu Indonesia
TRIBUN KALTIM / BUDI SUSILO
Pengendara kendaraan bermotor rela antre untuk memperoleh bahan bakar kendaraan di SPBU Karang Anyar Kota Balikpapan, pada Sabtu (8/10/2016) sore. 

Amalia Husnul A'rofiati
@kophie_sunrise

Amalia H Arofiati

MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan telah menandatangani peraturan Menteri ESDM terkait penerapan bahan bakar minyak (BBM) satu harga untuk seluruh pelosok Indonesia.

"Permen (peraturan menteri) sudah saya tanda tangani, nanti kita sosialisasikan. Pertamina yang akan mendistribusikan Premium Ron 88 dan Solar 48," ujar Jonan usai menghadiri rapat koordinasi harga gas di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Jonan menambahkan saat ini Permen tentang penerapan BBM satu harga tersebut tinggal menunggu finalisasi proses di Kementerian Hukum dan HAM.

Sejalan dengan kebijakan Jonan, Wakil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang menuturkan, pihaknya saat ini tengah mempertimbangkan menerapkan elpiji satu harga.

Hal ini dilakukan setelah menerapkan program bahan bakar minyak (BBM) satu harga di berbagai pelosok Tanah Air sesuai keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Ahmad Bambang, secara teknis, elpiji 3 kilogram (Kg) bisa diseragamkan menjadi satu harga.  Namun, untuk elpiji di atas 3 Kg belum bisa dilakukan penerapan elpiji satu harga.

Baca: Jika Aturan Ditegakkan, Penduduk di Wilayah Ini Bakal Kesulitan BBM

"(Elpiji) yang 3 kg bisa, karena memang untuk masyarakat," ujar dia kepada wartawan, Selasa (29/11/2016).

Pernyataan Jonan, tentu disambut gembira masyarakat yang ada di wilayah pedalaman Indonesia.

Daerah-daerah yang masih belum menikmati berbagai infrastruktur bahkan tak ada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Amalia Husnul Arofiati
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About us
Help