TribunKaltim/

Kebugaran

Berat Badan Cepat Turun, Olahraga Harus Penuhi 3 Kriteria Ini

Rutin olahraga namun berat badan tak juga turun, bisa jadi masalahnya bukan karena Anda salah memilih jenis olahraga.

Berat Badan Cepat Turun, Olahraga Harus Penuhi 3 Kriteria Ini
THINKSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Rutin olahraga namun berat badan tak juga turun, bisa jadi masalahnya bukan karena Anda salah memilih jenis olahraga.

Menurut pelatih kebugaran dan koki sehat Katy Clark, apapun olahraga yang Anda pilih sebenarnya sama sehatnya, namun bisa jadi Anda belum maksimal melakukannya. Katy berbagi tentang 3 kriteria yang membuat olahraga mampu menurunkan berat badan dengan cepat.

1. Olahraga harus membuat Anda lelah.

Sesi olahraga yang baik akan membuat Anda merasakan setidaknya 2 dari 3 kondisi ini, Katy mengatakan.

"Anda harus berkeringat, napas Anda menjadi berat dan cepat, atau Anda merasakan sakit di beberapa bagian tubuh, seperti paha atau betis keesokan harinya. Jika Anda tidak merasakan hal tersebut, itu bukan sesi olahraga yang baik."

Baca: Mau Turunkan Berat Badan tapi Kenapa Perut Justru Selalu Lapar?

Baca: Takaran Porsi Makan Ini Baik untuk Turunkan Berat Badan tanpa Olahraga

2. Olahraga harus konsisten.

Carilah sesuatu yang disukai sehingga Anda akan tetap melakukan olahraga secara rutin, seperti teman atau tempat gym yang menarik, Katy mengatakan.

"Apa pun yang Anda lakukan secara konsisten akan membawa perubahan. Bila setiap hari Anda berolahraga selama 1 jam, selama 4 hari dalam seminggu, itu sudah cukup sebagai modal penurunan berat badan terbaik.”

3. Olahraga harus dapat membangun kekuatan otot.

Katy percaya, hasil penurunan berat badan terbaik akan datang bila Anda mengombinasikan olahraga favorit dengan latihan angkat beban.

“Tak peduli berapa berat beban yang Anda angkat, bila dalam 10 kali hitungan Anda tak merasa lelah, maka tambahkan berat bebannya. Jika secara konsisten melakukan hal itu, Anda akan melihat perubahan dalam kekuatan dan massa otot.” (*)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help