TribunKaltim/

Bankaltim Percepat Akses Keuangan Daerah untuk UMKM

Di Pulau Maratua, TPAKD Kaltim melakukan sosialisasi dan evaluasi terhadap akses keuangan lembaga perbankan.

Bankaltim Percepat Akses Keuangan Daerah untuk UMKM
HO/Bankaltim
Asisten Ekonomi Pembangunan Ichwansyah menyerahkan Kredit Perikanan Sejahtera kepada Setia Putra (pelaku usaha budidaya perikanan air tawar di Kabupaten Berau). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) intensif mendorong lembaga perbankan menggerakkan perekonomian melalui kemudahan akses keuangan bagi masyarakat.

Salah satu kegiatan yang intensif dilakukan TPAKD yakni sosialisasi di kawasan terpencil, pedalaman, perbatasan bahkan pulau terluar di wilayah Bumi Benua Etam.

Gugusan kepulauan Kabupaten Berau tepatnya di Pulau Maratua, TPAKD Kaltim melakukan sosialisasi dan evaluasi terhadap akses keuangan lembaga perbankan di masyarakat.

Asisten Ekonomi Pembangunan Setprov Kaltim H Ichwansyah yang juga Ketua TPAKD Kaltim menjelaskan pihaknya intensif mendorong lembaga perbankan berperan maksimal di kawasan-kawasan yang sulit diakses masyarakat.

Baca: Banyak Koperasi dan Usaha, Bankaltim Buka Kantor Kas Baru di Palaran

Baca: GCG Award 2016, Bankaltim Raih Predikat BUMD Terbaik se-Indonesia

"Kabupaten Berau dengan gugusan kepulauannya sangat potensial dalam pertumbuhan ekonomi daerah, sehingga kami merasa perlu mendorong lembaga perbankan untuk masuk dan memberikan akses kemudahan pelayanan keuangan bagi masyarakat," ungkapnya.

Ichwansyah mengakui salah satu sektor usaha yang tidak pernah tergerus inflasi dan gejolak ekonomi global yakni sektor riil atau UMKM (usaha mikro kecil menengah).

Sebab, UMKM berhubungan dan bersentuhan langsung dengan kebutuhan dan kehidupan masyarakat, sehingga sektor ini hampir menguasai 70 persen perekonomian.

"Karenanya, TPAKD terus mendorong pengembangan sektor riil sebab sangat prospektif dalam percepatan akses keuangan masyarakat di daerah seperti Maratua ini," jelasnya.

Terlebih Maratua walaupun daerah terluar namun pertumbuhan ekonomi sangat tinggi didukung potensi kelautan dan perikanan serta pariwisata dibuktikan dengan keberadaan 23 UMKM.

Mendukung pengembangan sektor riil di daerah, Pemprov Kaltim melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD) telah menyalurkan dana permodalan melalui kredit perbankan.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help