TribunKaltim/

Shopping

Hati-hati Belanja Online Tiga Barang Ini, antara Harapan dan Kenyataan Kerap tak Sesuai

Belanja secara online memang sangat menghemat waktu, tetapi kadang harapan pada saat membeli sering kali tidak sesuai dengan kenyataan.

Hati-hati Belanja Online Tiga Barang Ini, antara Harapan dan Kenyataan Kerap tak Sesuai
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Masukkan ke dalam keranjang, tekan tombol pesan, dan tunggu barang yang Anda pesan tiba di depan pintu.

Belanja secara online memang sangat menghemat waktu, tetapi kadang harapan pada saat membeli sering kali tidak sesuai dengan kenyataan pada saat barang diterima.

Berikut adalah tiga jenis barang yang rawan timbulkan kekecawaan ketika dibeli secara online.

Baca: Mau Beli Baju Lebaran? Yuk Catat Tanggalnya, 100 Situs Belanja Online Gelar Diskon Spesial

Mebel atau perabotan rumah

Brent Shelton, seorang pakar belanja online untuk FatWallet.com, mengatakan, belanja melalui internet bisa sangat menghemat waktu, tetapi demi kepuasan mendapatkanya, sebaiknya Anda langsung mendatangi toko mebel atau perabotan rumah terdekat.

“Dengan demikian, Anda bisa langsung melihat dan merasakan teksturnya secara langsung,” ucapnya.

Konsmetik yang belum pernah Anda beli sebelumnya

Mungkin aman-aman saja kalau kosmetik yang Anda beli hanyalah sebuah maskara, tetapi untuk kosmetik lainnya, sebaiknya datangi toko kosmetik dan coba langsung produk tersebut.

“Banyak toko online yang tidak mau menerima kembali produk yang sudah dibuka, lain halnya dengan beberapa toko kosmetik fisik yang masih mau menukarkan produknya walaupun segelnya sudah dibuka,” tambah Shelton.

Sepatu

Kadang ukuran sepatu sebuah brand bisa memiliki ukuran yang berbeda dengan brand lainnya.

Akan lebih baik jika Anda bisa mencobanya secara langsung agar ukuran sepatu bisa sesuai, kata Andrea Woroch, pakar di bidang konsumen.

Alternatif lainnya adalah coba memilih toko online yang mau menerima penukaran produk bila ukurannya tidak sesuai. (Agustina)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help