TribunKaltim/

Perayaan Imlek

Menu Makanan Imlek dan Maknanya. . .

Biasanya di meja makan harus ada berbagai unsur, dari yang berenang, yang di darat berkaki empat, dan berkaki dua. Semua makanan saat Imlek ada artiny

Menu Makanan Imlek dan Maknanya. . .
TribunKaltim/Budi Susilo
Ilustrasi. Klenteng Ta Pe Kong Tanjung selor berbenah saat memasuki Imlek 

TRIBUNKALTIM.CO - Makan bersama keluarga merupakan salah satu tradisi merayakan Imlek. Biasanya makan bersama keluarga dilakukan pada malam sebelum Imlek atau hari Imlek.

Ada beberapa hidangan wajib dalam menu makan di hari raya Imlek.

"Biasanya di meja makan harus ada berbagai unsur, dari yang berenang, yang di darat berkaki empat, dan berkaki dua. Semua makanan saat Imlek juga ada artinya," kata pakar kuliner William Wongso di acara Makan Siang Bersama Tradisi Imlek Mall Ciputra Jakarta, Kamis (12/1/2017). 

Pada acara Makan Siang Bersama Tradisi Imlek Mall Ciputra Jakarta disajikan delapan hidangan yang biasa ada di tradisi Imlek, dengan penjelasan makna di baliknya yang disampaikan oleh William Wongso berikut ini:

Baca: Arti Buah Jeruk di Balik Perayaan Imlek

1. Yu Sheng

Yu sheng adalah sejenis salad dari campuran sayur dan buah yang dibuat oleh koki dari Singapura pada tahun 1964.

Tradisi unik dari yu sheng adalah cara mengaduk yu sheng, yakni masing-masing anggota keluarga mengangkat yu sheng tinggi-tinggi. Semakin tinggi mengangkat sayur dianggap semakin baik, lambang harapan akan terkabul.

2. Eight treasure soup (Sup delapan jenis)

Sup yang menggunakan delapan jenis bahan dasar yang terdiri dari teripang, jamur tungku, ikan, udang, perut ikan, kerang kering, abalone, jamur hitam, kacang ginko, dan biji lotus.

Menyantap sup ini merupakan harapan dari usaha atau bisnis berkembang pesat di tahun yang baru.

Halaman
123
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help