TribunKaltim/

Terminal Sesak, AP Siapkan Dana Rp 9,3 Triliun untuk Bandara Berkapasitas 15 Juta Penumpang/Tahun

"Untuk investasi, kami siapkan dana sebesar Rp 9,3 triliun. Untuk tanah, kami gunakan dana Rp 4,2 triliun," katanya.

Terminal Sesak, AP Siapkan Dana Rp 9,3 Triliun untuk Bandara Berkapasitas 15 Juta Penumpang/Tahun
NET
Bandara Adisutjipto Yogyakarta 

TRIBUNKALTIM.CO - PT Angkasa Pura I (Persero) (AP I) mengungkapkan, Bandara Baru di Kulonprogo nantinya dapat menampung 15 juta penumpang per tahun.

Jumlah itu naik signifikan dibandingkan kapasitas Bandara Adi Sutjipto yang tersedia untuk 1,2 juta penumpang per tahun.

Direktur Utama AP I, Danang S Baskoro, mengatakan, pembangunan bandara baru sangat diperlukan karena saat ini pengembangan Bandara Adi Sutjipto sudah tidak memungkinkan lagi.

Sebab, lahan yang terdapat di sebelah kiri dan kanan Adi Sutjipto merupakan sungai.

Terlebih lagi, saat ini TNI Angkatan Udara masih menggunakan bandara tersebut untuk menerbangkan pesawat latih.

"Selain itu, di sebelahnya juga sudah terdapat bangunan-bangunan tinggi," ujar Danang saat meninjau lahan bandara baru di Kulonprogo, Yogyakarta, Sabtu (21/1/2017).

Danang menjelaskan, tahap awal pembangunan yang akan dilakukan adalah pekerjaan pre-eliminary, seperti pemagaran area bandara, land clearing, dan pemindahan pohon. Tahap tersebut akan dikerjakan selama 3-6 bulan.

Selanjutnya, kata Danang, pengerjaan fisik akan dilakukan pada pertengahan tahun, seperti konstruksi landasan pacu atau runway dan apron pesawat. Danang juga mengatakan, pembebasan lahan akan diselesaikan pada April 2017.

Saat ini, lahan yang sudah dibebaskan sebesar 91 persen dari 578,2 hektar. Sisanya, sebesar 9 persen atau 51 hektar, akan diselesaikan melalui proses konsinyasi.

"Untuk investasi, kami siapkan dana sebesar Rp 9,3 triliun. Untuk tanah, kami gunakan dana Rp 4,2 triliun," katanya.

Dirinya pun menargetkan, bandara baru di Kulonprogo dapat dioperasikan pada Maret 2019. Sementara itu, penyelesaian keseluruhan ditargetkan pada akhir tahun 2019.

Pembangunan bandara baru di Kulonprogo ini telah digagas sejak tahun 2012.

Selain untuk mendukung pariwisata, bandara tersebut juga untuk menggantikan Bandara Adi Sutjipto yang telah tidak memadai secara kapasitas. (Kompas.com)

Editor: Kholish Chered
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help