TribunKaltim/

Kampung Teluk 1000 Jadi Destinasi Wisata Terbaru di Kota Minyak

Sehingga secara visual rumah-rumah mereka seperti pelangi yang berwarna-warni.

Kampung Teluk 1000 Jadi Destinasi Wisata Terbaru di Kota Minyak
TRIBUNKALTIM.CO/M WIKAN
Bekantan (bahasa latin: Nasalis larvatus) atau yang dikenal dengan sebutan nama monyet Belanda, yakni berbulu pirang dan berhidung mancung, habitatnya adalah mangrove atau hutan bakau. Bekantan merupakan satwa khas Pulau Kalimantan. (TRIBUNKALTIM.CO/M WIKAN) 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Alidona 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pada tahun ini, Dinas Pariwisata Kota Balikpapan siap mengelola destinasi pariwisata baru yang diberi nama Kampung Teluk 1000, Manggar Baru Balikpapan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kota Balikpapan, Umi Facessly, Selasa (24/1/2017).

Disampaikannya, destinasi wisata terbaru ini menawarkan potensi wisata alam berupa hutan mangrove dengan pesona satwa yang ada di sana, yakni bekatan dan burung bangau yang beterbangan di lokasi tersebut.

Obyek wisata ini juga menawarkan wisata perahu yang menyuguhkan pemandangan permukiman warga yang  temboknya dicat beraneka warna. Sehingga secara visual rumah-rumah mereka seperti pelangi yang berwarna-warni.

“Kampung Teluk 1000 ini di sana nanti dapat menikmati wisata mangrove, melihat bekatan, bangau putih, dan wisata perahu sekalian melihat kampung warna warni,” katanya.

(Baca juga: Dinas Kesehatan Resmikan 119 Panggilan Gratis Gawat Darurat)

Menurutnya, apabila wisata ini dapat terealisasi tentunya akan menambah pendapatan masyarakat yang berada di sekitar lokasi. Selain itu, Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga dapat meningkat.

Menurutnya, untuk mengembangkan potensi pariwisata tersebut, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi kepada tokoh masyarakat, ketua RT , kelurahan, dan kecamatan.

Hasil dari sosialisasi tersebut, seluruh warga bersedia bekerja sama untuk bersinergi untuk mewujudkan daerah ini menjadi kawasan wisata baru.

“Masyarakatnya mau, jadi sebelumnya saya sosialisasi dulu kepada tokoh masyarakat RT, kelurahan, camat, dan semuanya setuju,” katanya.

Apabila sesuai dengan rencana, kawasan ini akan di-launching bertepatan dengan HUT Kota Balikpapan pada 10 Februari mendatang. (*)

Penulis: Muhammad Alidona
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help