TribunKaltim/

DPRD Bantu Muluskan Perizinan Pembangunan Pabrik Minyak Goreng

DPRD berupaya bersama Pemkot Bontang mendorong untuk memuluskan perizinan yang dibutuhkan guna mewujudkan terbangunnya pabrik minyak goreng

DPRD Bantu Muluskan Perizinan Pembangunan Pabrik Minyak Goreng
KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA
Kelapa sawit 

TRIBUNKALTIM.CO , BONTANG - Rencana investor Gamacorp mendirikan pabrik pengolahan lanjutan atau downstream refinery Crude Palm Oil (CPO) di kawasan Bontang Lestari mendapat dukungan DPRD Bontang.

Bahkan Dewan siap membantu, memuluskan perizinan untuk mempercepat pembangunan proyek.

Ketua Komisi III DPRD Bontang Rustam HS mengatakan, peran investasi di tengah kondisi krisis APBD sekarang ini sangat dibutuhkan.

Untuk itu, DPRD berupaya bersama Pemkot Bontang mendorong untuk memuluskan perizinan yang dibutuhkan guna mewujudkan terbangunnya pabrik minyak goreng di Bontang.

"Investasi sangat dibutuhkan dengan kondisi ekonomi seperti sekarang. Makanya kami akan bersama-sama pemerintah mendorong agar izin cepat keluar," ujar Ketua Komisi III Rustam saat ditemui Tribun di ruang kerjanya, Selasa (24/1).

Rustam mengatakan, masalah status lahan industri masih menjadi kendala utama yang ditemui.

Baca: Serap 1.000 Tenaga Kerja, Gamacorp Bangun Pabrik Minyak Goreng Rp 1 Triliun

Berdasarkan Perda RTRW Bontang, lahan industri yang direncanakan oleh pihak Gamacorp jaraknya sangat dekat dengan kawasan konservasi dan habitat hutan bakau.

Karenanya, dalam waktu dekat pihaknya mengusulkan segera merevisi Perda No 11/2014 tentang RTRW. Revisi ini diperlukan guna menyesuaikan tata kelola kawasan konservasi dengan kawasan industri.

Dijelaskan, dalam perencanaan RTRW 2012, pemerintah belum mempertimbangkan pengembangan kawasan industri di Bontang Lestari.

Termasuk rencana pembangunan kilang pengolahan minyak kapasitas 350 barel perhari (BPH) di Bontang.

Halaman
12
Penulis: Udin Dohang
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help