TribunKaltim/

Berita Eksklusif

Serap 1.000 Tenaga Kerja, Gamacorp Bangun Pabrik Minyak Goreng Rp 1 Triliun

Menurut Lian, letak Kota Bontang yang berada di jantung Provinsi Kaltim sangat cocok jadi lokasi pembangunan pabrik minyak goreng dan biodiesel.

Serap 1.000 Tenaga Kerja, Gamacorp Bangun Pabrik Minyak Goreng Rp 1 Triliun
KONTAN/Fransiskus Simbolon
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Raksasa bisnis Gama Corporation (Gamacorp) berencana membangun pabrik minyak goreng dan biodiesel skala nasional di Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Melalui anak perusahaannya, PT Energi Unggul Persada, Gamacorp siap menggelontorkan investasi senilai Rp 1 triliun sebagai bentuk keseriusan membangun agro industri berbasis kelapa sawit.

Rencana bisnis ini disampaikan Research dan Business Development Gamacorp, Lian Pongoh saat menyampaikan presentasi rencana bisnisnya di hadapan Walikota Bontang Neni Moerniaeni, di Hotel Westin Jakarta, belum lama ini.

"Kami sudah lakukan riset, posisi Bontang strategis untuk membangun industri refinery sawit di Kaltim," ujar Lian Pongoh.

Menurut Lian, letak Kota Bontang yang berada di jantung Provinsi Kaltim sangat cocok jadi lokasi pembangunan pabrik minyak goreng dan biodiesel.

Baca: Ingin Mulus, Mantan Model Suntikan Minyak Goreng ke Wajahnya

Pasalnya, Bontang dikeliling sejumlah kabupaten penghasil sawit terbesar di Kaltim, seperti Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Berau, termasuk Penajam Paser Utara dan Paser.

Saat ini total perkebunan sawit produktif di Kaltim sudah melampui 1 juta hektare.

Dengan luasan tersebut, sudah semestinya Kaltim mulai membangun industri turunan/downstream dari perkebunan sawit. Tidak hanya berakhir pada pembuatan Crude Palm Oil (CPO).

"Bahan baku CPO sangat melimpah, makanya kami yakin Bontang sangat cocok jadi lokasi refinery sawit. Nilai investasinya sekitar Rp 1 triliun," paparnya.

Sebagai kota industri, Bontang tidak hanya memiliki infrastruktur yang baik, tapi juga didukung kedalaman laut yang memadai.

Baca: Rantau Pulung Bakal Jadi Pusat Pengembangan Bio Industri, Integrasi Sawit dan Ternak Sapi

Halaman
1234
Penulis: Udin Dohang
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help