TribunKaltim/

Bentang Sungai Kayan, Potensi Pariwisata Provinsi Kaltara sebagai Destinasi Wisata Air

Sungai Kayan inilah yang nantinya jadi daya tarik untuk wisata air. Nanti ada kapal wisata, kita bisa menyusuri sungai.

Bentang Sungai Kayan, Potensi Pariwisata Provinsi Kaltara sebagai Destinasi Wisata Air
TRIBUNKALTIM/DOAN PARDEDE
Pawai perahu hias dalam rangka menyambut Idul Adha digelar di Sungai Kayan, belum lama ini. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Potensi wisata yang ada di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sebenarnya tak kalah dengan daerah lain yang ada di Indonesia.

Hanya saja, potensi wisata belum digarap secara maksimal.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kaltara Harry Kuncoro di kepada Tribunkaltim.co, Jumat (27/1/2017) mengatakan, pengembangan pariwisata tak bisa hanya bergantung pada Dinas Pariwisata.

Kerja sama lintas instansi mutlak diperlukan.

Pasalnya, pengembangan sektor pariwisata bukan hanya terkait bagaimana mengelola objek-objek. Tapi juga ada hal-hal lain khususnya yang berkaitan dengan infrastruktur.
 

Baca: VIDEO - Perahu Ketinting Masih Jadi Pilihan Utama Untuk Seberangi Sungai Kayan

"Kita nggak bisa sendiri dan butuh waktu," katanya.

Mengingat posisi Kaltara yang beberapa bagian wilayahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga, pengembangan sektor pariwisata kini menjadi penting.

Dan perlu digarisbawahi, kata dia, Kaltara adalah wilayah terdepan Republik Indonesia, dan bukan wilayah belakang seperti anggapan yang ada selama ini.

Lebih jauh kata dia, pengembangan sektor pariwisata ini bukan hanya sekadar bagaimana agar sebuah tempat nyaman untuk dikunjungi.

Tapi lebih jauh, pariwisata ini harus bisa menjadi sebuah industri. Selain akan berkontribusi pada pendapatan daerah, pariwisata ini juga nantinya bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat yang ada di sekitarnya.

"Akan ada banyak dampak tidak terduga. Ini yang jadi tantangan kita. Kita yang akan menciptakan itu," katanya.

Baca: Stop Bantuan, Disperindagkop Hanya Fokus Bina UMKM Demi Sokong Sektor Pariwisata

Bicara potensi, sebenarnya cukup banyak. Mulai wisata religi, kebudayaan, hingga menyangkut Ke-Bhineka Tunggal Ika-an ada di Kaltara.

Dalam waktu dekat ini, kata dia, semua potensi wisata yang ada di Kabupaten/Kota akan diinventarisir. Dan dari sekian banyak potensi yang ada, akan ditentukan mana saja objek wisata yang akan menjadi unggulan Kaltara.

Khususnya untuk Kabupaten Bulungan, keberadaan Sungai Kayan menurutnya adalah sebuah keunggulan tersedniti. Keberadaan sungai ini, merupakan sebuah modal besar dalam pengembangan wisata air.

"Sungai Kayan inilah yang nantinya jadi daya tarik untuk wisata air. Nanti ada kapal wisata, kita bisa menyusuri sungai. Karena sampai Antutan pun saya lihat, alamnya luar biasa. Artinya potensi itu sangat besar sekali," ujarnya. (*)
 

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help