Google Doodle

Rayakan Tahun Baru Imlek, Google Pasang Doodle Ayam Api

Google sebagai mesin pencari terbesar dunia turut merayakan hari peringatan Imlek dengan memajang doodle spesial pada laman awal mereka.

Rayakan Tahun Baru Imlek, Google Pasang Doodle Ayam Api
Google
Google Doodle menampilkan ayam api, simbol tahun 2017 untuk etnis Tionghoa. 

TRIBUNKALTIM.CO -- Perayaan tahun baru Imlek jatuh bertepatan hari ini, Sabtu (28/1/2017).

Tahun baru Imlek sendiri merupakan perayaan terpenting bagi Tionghoa yang dimulai di hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh di tanggal kelima belas.

Google sebagai mesin pencari terbesar dunia turut merayakan hari peringatan Imlek dengan memajang doodle spesial pada laman awal mereka.

Tampak dalam doodle yang didominasi warna merah ini terlihat tulisan "GOGLE" di lampion.

Sementara huruf 'O' di tengah kata Google berbentuk lingkaran besar yang dibagian tengahnya terdapat seekor ayam api.

Simbol ayam api untuk tahun baru Imlek 2017 ini tampak pula dikelilingi pernak-pernik Imlek mulai dari angpau, makanan tradisional Tiongkok seperti jeruk mandarin, kue keranjang, semangka dan lain-lain.

Jika Anda mengarahkan krusor pada gambar Doodle ini, akan muncul tulisan "Happy Lunar New Year 2017! atau Selamat Tahun Baru Imlek 2017!".

Biasanya pada perayaan ini dekorasi serba merah dan angpao berlimpah di beberapa gedung seperti pusat perbelanjaan, hotel, dan tempat publik.

Tarian Barongsai, kembang api dan petasan akan dimainkan pada perayaan Imlek.

Dilansir melalui laman Google Doodles, menurut legenda kesenian barongsai ini berawal dari cerita rakyat yang berjuang melawan Nian.

Nian digambarkan sebagai binatang mitos yang menyerang sebuah desa kuno setiap perayaan tahun baru Imlek.

Berkat bantuan seorang kakek misterius, penduduk desa berhasil menemukan bahwa makhluk itu takut dengan warna merah serta suara nyaring.

Semenjak saat itu perayaan itu mulai dilakukan. Meski Nian tidak pernah muncul kembali, namun perayaan ini masih terus dilakukan. (*)

Penulis: Ayuk Fitri
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help