TribunKaltim/

Jadi Otak Pencurian, ABG Diringkus Polisi

Akibat perbuatanya itu, pelaku dijerat pasal pasal 363 KUHP ayat 5E tentang pencurian dengan pemberatan.

Jadi Otak Pencurian, ABG Diringkus Polisi
HO
Barang bukti uang tunai sebesar Rp 24 juta, hasil curian di salah satu rumah yang terdapat di kecamatan Long Iram, Kutai Barat, Minggu (29/1/2017). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, KUTAI BARAT - Jajaran kepolisian dari Satreskrim Polresta Kutai Barat berhasil mengamankan pelaku pembobol rumah.

Pengungkapan tersebut juga dilakukan bersama dengan jajaran Polsek Long Iram.

Pelaku yang merupakan anak baru gede (ABG), berinsial AB alias Dil (19), diamankan di sekitar kawasan kamp Purworejo, kecamatan Long Iram, sekitar pukul 17.00 wita, pada Jumat (27/1/2017).

Dari pelaku, petugas menyita uang tunai sebesar Rp 24 juta hasil melakukan pencurian.

Bahkan dari informasi yang diperoleh, pelaku bukanlah pemain baru di dunia kriminalitas, namun sudah cukup berpengalaman. Pasalnya pelaku merupakan residivis kasus yang sama.

Kapolresta Kutai Barat, AKBP Pramuji Sigit Wahono, melalui Kasat Reskrim Polresta Kutai Barat, AKP Ridho Doli Kristian menjelaskan, modus yang dilakukan pelaku saat menjalankan aksinya, yakni dengan menyasar rumah kosong, atau pada saat penghuninya meninggalkan rumah.

(Baca juga: Dua Tersangka Bandar Diamankan, Salah Satunya Sembunyikan Pil Koplo di Kandang Ayam )

"Pelaku masuk melalui pintu belakang rumah dengan membangkar pintu secara paksa. Ia langsung masuk ke kamar, guna merampas uang dan barang berharga," tuturnya, Minggu (29/1/2017).

Pelaku sendiri berhasil diamankan berkat adanya kerja sama dengan masyarakat, yang rutin melakukan patroli berantai, guna mencegah adanya tindak kriminalitas.

Akibat perbuatanya itu, pelaku dijerat pasal pasal 363 KUHP ayat 5E tentang pencurian dengan pemberatan, dengan hukuman kurungan paling lama 7 tahun penjara.

"Saat ini penyidikan masih dilakukan terhadap pelaku. Kami harap masyarakat juga turut serta dalam menciptakan rasa aman di lingkungan tempat tinggal masing-masing, jika ada yang mencurigakan, segera lapor ke polisi," tutupnya. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help