TribunKaltim/

Permintaan Pribadi Dokumen Amdal Rawan Disalahgunakan

Dia mencontohkan, sejumlah perusahaan di Pulau Sumatera akhirnya ribut karena persoalan Amdal.

Permintaan Pribadi Dokumen Amdal Rawan Disalahgunakan
TRIBUN KALTIM/NIKO RURU
Kegiatan pertambangan batu bara di Sebakis, Kabupaten Nunukan. 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN -  Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nunukan, Meinstar Tololiu menyebutkan, permintaan dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) atas nama pribadi, rawan disalahgunakan.

Bukan tidak mungkin, pemohon merupakan pesaing usaha dari perusahaan yang diminta Amdalnya. Bisa saja, kata dia, dokumen dimaksud disalahgunakan sehingga merugikan pihak perusahaan.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan sehingga pihaknya menolak memberikan dokumen Amdal kepada dua aktivis lingkungan Darwis dan Alamsyah.

“Jika perorangan memegang dokumen Amdal, mereka bisa menghakimi perusahaan. Padahal mereka tidak memiliki keahlian untuk menilai perusahaan,” ujarnya, Jumat (17/2/2017).

Dia mencontohkan, sejumlah perusahaan di Pulau Sumatera akhirnya ribut karena persoalan Amdal.

“Ada yang minta dokumen Amdal atas nama pribadi. Karena itu sudah bocor ke orang yang seperti ini, perusahaan ramai. Kami tidak mau seperti itu terjadi di sini,” ujarnya.

Dia justru mempertanyakan, apakah perseroangan mempunyai hak untuk meminta dokumen Amdal?
“Mereka atas nama perseorangan ini punya hak, tidak?” tanya dia.

Dia menyebutkan, untuk mengakses dokumen Amdal, pemohon harus mengantongi izin dari perusahaan.

“Jika pemohon adalah LSM, maka LSM tersebut juga harus mengantongi rekomendasi Kesbangpol. Jika dia mahasiswa atau peneliti lingkungan, pemohon langsung saja meneliti ke perusahaan yang mereka inginkan. Kami hanya mengeluarkan rekomendasi bukan memberi dokumen Amdal,” ujarnya.

Dia mengatakan, dengan menyerahkan dokumen Amdal kepada perseorangan, tentu akan menjadikan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nunukan rawan gugatan. Pihaknya akan disalahkan dan dituntut perusahaan pemilik Amdal dimaksud.

Halaman
12
Penulis: Niko Ruru
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help