TribunKaltim/

Parenting

Jangan Khawatir Anak Sakit karena Kehujanan, Inilah Pentingnya Daya Tahan Tubuh!

"Orangtua lupa melatih anak-anaknya soal kecerdasan dayatahan diri," ungkapnya yang mengenakan busana muslimah abu-abu ini.

Jangan Khawatir Anak Sakit karena Kehujanan, Inilah Pentingnya Daya Tahan Tubuh!
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Murid Internasional Islamic School Balikpapan bermain bersama di sekolahnya, Jalan Sepinggan Pratama, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu (18/2/2017) pagi. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Konsultan Pendidikan Balikpapan Yeni Nuryani mengungkapkan, sebagian besar orangtua siswa hanya berfokus mendidik anaknya pada kecerdasan ilmu akademik sekolah.

Padahal cara ini dinyatakan belum lengkap.

Ini dia sampaikan dalam seminar parenting di Internasional Islamic School, Jalan Sepinggan Pratama Kota Balikpapan pada Sabtu (18/2/2017), sekitar pukul 09.20 Wita.

Yeni menegaskan, pola pengajaran yang sering dilupakan para orangtua ialah pemantapan kecerdasan kedayatahanan pada situasi apa pun dan dimana pun.

"Orangtua lupa melatih anak-anaknya soal kecerdasan daya tahan diri," ungkapnya yang mengenakan busana muslimah abu-abu ini.

Baca: Hujan Gerimis Puluhan Orangtua Tetap Semangat Ikut Seminar Kecerdasan Majemuk

Baca: Nilai Ujian Nasional Tinggi Belum Tentu Cerdas, Ini Alasannya

Menurut Yeni, penajaman kecerdasan dayatahan diri perlu dilakukan, tidak boleh sampai terlupakan.

"Kadang kita selalu khawatirkan anak kita. Bagaimana kalau nanti anak saya hujan. Sakit," ujarnya yang mencoba memberi contoh.

Tujuan orangtua kembangkan kecerdasan dayatahan pada anak didik supaya di masa mendatang atau ketika dewasa si anak akan berkarakter tangguh ketika terjebak pada situasi yang tidak mengenakkan atau bencana.

"Jarang dilatih kecerdasan daya tahan nanti anak kita lemah, tidak kokoh. Ajarkan akan ketangguhan menghadapi tantangan hidup," tegas Yeni.

Kecerdasan tidak boleh hanya satu saja. Terapkan dimensi kecerdasan dengan bertahan hidup dan beradaptasi dalam situasi apa pun. (*)

Penulis: Budi Susilo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help