TribunKaltim/

Wow! Bus Ramah Lingkungan Berbahan Bakar Hidrogen Resmi Beroperasi

Bus ini mulai dioperasikan Maret 2017, bersama dengan satu unit Toyota FC Bus kedua yang akan datang pada bulan yang sama.

Wow! Bus Ramah Lingkungan Berbahan Bakar Hidrogen Resmi Beroperasi
Toyota
Toyota FC Bus. 

TRIBUNKALTIM.CO - Toyota Motor Jepang, mulai menyerahkan unit pertama bus berbahan bakar hidrogen (Fuel Cell Bus/FC Bus) yang dijual di bawah nama Toyota, kepada Biro Transportasi Pemerintah Metropolitan Tokyo, Jumat (24/2/2017).

Bus ini mulai dioperasikan Maret 2017, bersama dengan satu unit Toyota FC Bus kedua yang akan datang  pada bulan yang sama.

Dari siaran resminya, Toyota berencana untuk memperkenalkan lebih dari 100 bus FC terutama di wilayah Tokyo, menjelang ajang Tokyo 2020 Olympic and Paralympic Games.

Peningkatan penggunaan bus FC di daerah perkotaan, diharapkan bisa membantu memberikan pemahaman masyarakat umum, mengenai penggunaan mobil hidrogen sebagai bentuk transportasi umum.  

Bus zero-emission ini mengadopsi Toyota Fuel Cell System (TFCS) 1, yang dikembangkan di kendaraan penumpang Mirai.

Bukan hanya ramah lingkungan, angkutan umum bus berbahan bakal hidrogen ini, juga bersahabat untuk bagi penumpang orang-orang tua dan anak-anak, ketika akan masuk dan keluar bus.

Spesifikasi Toyota FC Bus. (Toyota)
Spesifikasi Toyota FC Bus. (Toyota)

Toyota Group menganggap, penggunaan hidrogen bakal menjadi sumber kuat energi untuk masa depan.

Mereka telah meluncurkan Mirai FCV, dan juga menanamkan teknologi ini di produk FC bus, lalu kemudian FC forklift , serta sistem FC untuk keperluan rumah tangga.

Ke depan, Toyota akan mempercepat perkembangan secara terpadu, sehingga dapat berkontribusi pada terwujudnya masyarakat berbasis hidrogen.

(ghulam/kompas.com)
Editor: Syaiful Syafar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help