TribunKaltim/

Mengaku Kalah, Pemimpin ISIS Tarik Mundur Pasukan di Irak

Menurut sejumlah sumber di pemerintahan provinsi Nineveh, Irak, pernyataan Al-Baghdadi itu diberi judul "pidato perpisahan"

Mengaku Kalah, Pemimpin ISIS Tarik Mundur Pasukan di Irak
The Independent
Pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi di sebuah masjid di kota Mosul, Irak, 5 Juli 2014 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi merilis pernyataan yang mengakui kekalahan ISIS di Irak.

Stasiun televisi Irak, Alsumaria, mengutip sejumlah sumber setempat mengabarkan, Al-Baghdadi juga memerintahkan para pendukungnya bersembunyi atau meninggalkan kota Mosul.

Menurut sejumlah sumber di pemerintahan provinsi Nineveh, Irak, pernyataan Al-Baghdadi itu diberi judul "pidato perpisahan" dan didistribusikan di antara para pemuka agama ISIS pada Selasa (28/2/2017).

Lewat surat itu, Al-Baghdadi memerintahkan penutupan kantor-kantor ISIS dan memerintahkan anggotanya yang berasal dari luar negeri untuk pulang atau melakukan bom bunuh diri sambil tak lupa menjanjikan "72 bidadari di surga".

Baca: Pengakuan Tentara ISIS: Awalnya Sulit, Lama-kelamaan Terbiasa Membunuh hingga Perkosa 200 Wanita

Baca: Mengapa Semakin Banyak Orang Pintar di Indonesia yang Masuk ISIS?

Baca: Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris, Bendera ISIS Disembunyikan di Kamar Mandi

Sebagian besar para pemimpin ISIS di Irak kini sudah melarikan diri ke wilayah Suriah yang masih dikuasainya.

Posisi ISIS di Irak semakin terdesak setelah pada Oktober tahun lalu Irak menggelar operasi besar-besaran untuk merebut Mosul, basis terakhir ISIS di Irak.

Setelah sukses merebut sisi timur Mosul, pasukan federal Irak kini menyeberangi Sungai Tigris untuk merebut sisi barat Mosul yang masih diduduki ISIS. (*)

Sumber: KOMPAS.com via Al Arabia
Editor: Syaiful Syafar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help