TribunKaltim/

Pilgub Kaltim

Belum Buka Pendaftaran, Partai Nasdem Tunggu Hasil Survei

Dalam menetapkan kandidat kepala daerah, mengusung atau mendukung, Partai Nasdem akan lebih dulu melakukan survei.

Belum Buka Pendaftaran, Partai Nasdem Tunggu Hasil Survei
Kompas.com
Ilustrasi - Partai Nasdem 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - DPW Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kaltim hingga kini belum membuka pendaftaran calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur Kaltim 2018.

Meski hanya memiliki dua kursi, untuk bisa mendapatkan dukungan dari partai ini, kandidat atau bakal calon harus mendaftarkan saat pembukaan pendaftaran cagub Kaltim 2018.

Sekretaris DPW Partai Nasdem Kaltim Fatimah Asyari mengatakan, DPP Partai Nasdem belum memerintahkan pembukaan pendaftaran cagub Kaltim. Kemungkinan, setelah pilkada serentak 2017 ditetapkan.

"Belum ada perintah buka pendaftaran, tapi dalam waktu dekat nanti ada pembukaan pendaftaran," kata Fatimah Asyari, mantan anggota DPRD Kota Samarinda, Sabtu (4/3/2017).

Menjelang Pilgub Kaltim, Partai Nasdem sudah melakukan pertemuan dengan Partai Demokrat dan PKB. Meski pertemuan itu masih sebatas komunikasi, menurut Fatimah, Partai Nasdem akan mengutamakan keinginan masyarakat kandidat cagub yang akan diusung.

Baca: Ketua DPP PPP Kaltim Merasa Punya Hubungan Emosional dengan Syahariee Jaang

Baca: Partai Demokrat Tetapkan Jaang Bakal Cagub Kaltim 2018

Dalam menetapkan kandidat kepala daerah, mengusung atau mendukung, Partai Nasdem akan lebih dulu melakukan survei.

Hasil survei tersebut, menjadi acuan untuk memutuskan Nasdem mengusung atau mendukung kandidat yang disukai/kenal oleh masyarakat.

"Kuncinya, hasil survei dari partai. Nanti akan terlihat hasil itu, masyarakat lebih menginginkan siapa? Itu yang akan diputuskan oleh Partai Nasdem. Jadi kuncinya di survei," beber Fatimah.

Untuk saat ini, kandidat-kandidat lain masih berpeluang untuk mendapatkan dukungan dari Partai Nasdem. Hanya saja, para kandidat harus ikut mendaftar di Partai Nasdem.

"Kalau Pak Jaang mendaftar, nanti akan terlihat hasil surveinya itu. Begitu juga dengan kandidat-kandidat lain. Jadi ditentukan oleh hasil survei," pungkasnya. (*)

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help